MPR: Pilkada berjalan lancar wujud suksesnya demokrasi

id MPR RI,Pilkada 2020,Syarief Hasan,Sosialisasi Empat Pilar MPR,Sjarifuddin Hasan

MPR: Pilkada berjalan lancar wujud suksesnya demokrasi

Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan (tengah), hadir dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR, kerja sama antara MPR dengan Mapolres Cianjur yang digelar di aula Wira Pratama, kompleks Mapolres, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (21/1)2021). (ANTARA/HO-MPR RI)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan (Syarief Hasan) menilai pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 yang berjalan lancar merupakan wujud suksesnya pengaplikasian demokrasi di Indonesia.

"Pelaksanaan Pilkada 2020 yang lancar di berbagai wilayah termasuk Kabupaten Cianjur adalah wujud suksesnya penerapan demokrasi di Indonesia. Pasca-Pilkada, diharapkan akan muncul pemimpin yang mampu memegang amanah dan memiliki kapabilitas memajukan daerah-nya," kata Sjarifuddin Hasan dalam keterangannya di Jakarta.

Hal tersebut disampaikan-nya dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR, kerja sama antara MPR dengan Mapolres Cianjur yang digelar di aula Wira Pratama, kompleks Mapolres, Cianjur, Jawa Barat, Kamis.

Syarief mengatakan dirinya sebagai Pimpinan MPR sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak seperti penyelenggara, TNI dan Polri juga rakyat yang betul-betul secara konsisten menjaga Pilkada berjalan secara demokratis dengan menjunjung tinggi nilai kebersamaan.

Dia menilai, baiknya penyelenggaraan pilkada tersebut, disebabkan masyarakat Indonesia sangat memegang teguh pemahaman dan implementasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika atau yang akrab disebut sebagai Empat Pilar MPR RI.

Baca juga: Dialog dengan santri, Syarief Hasan ingatkan tugas utama generasi muda

Baca juga: Wakil ketua MPR minta pemerintah perhatikan kesulitan dunia pendidikan


"Bisa dibayangkan bagaimana kondisi-nya jika Empat Pilar tidak hadir dalam pilkada yang sarat kompetisi antarpendukung calon tersebut," ujarnya.

Syarief Hasan menegaskan bahwa MPR dengan Empat Pilar akan tetap dan semakin meneguhkan komitmen untuk terus menjaga demokrasi sampai kapanpun.

Hal itu menurut dia karena melihat sangat pentingnya kelancaran berjalan-nya proses demokrasi di Indonesia untuk menegakkan persatuan serta kesatuan bangsa.

"Insya Allah jika demokrasi berjalan baik, maka rakyat yang akan merasakan dampaknya dalam jangka pendek dan panjang. Salah satunya, rakyat akan menikmati pembangunan yang berkeadilan, kesejahteraan merata, rasa aman tercipta serta segala hal yang kita cita-citakan akan terwujud," ujarnya.

Untuk itu dia mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk terus mempelajari Empat Pilar dengan baik dari berbagai sumber, salah satunya dengan mengikuti Sosialisasi Empat Pilar MPR yang hingga saat ini tetap digaungkan MPR.

Hadir dalam acara yang mematuhi protokol kesehatan secara ketat tersebut, Kapolres Cianjur AKBP Mochamad Rifai, Dandim Cianjur Letkol Kav Ricky Arinuryadi, Danyon Raider 300 Letkol Inf Jani Setiadi.

Selain itu juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Ganjar Ramadhan, Ketua Bhayangkari Nida Rifai, Forkopimda Kabupaten Cianjur, para Pejabat Utama (PJU) Polres Cianjur dan sekitar 50 perwira sebagai peserta.

Baca juga: Sengketa pilkada masuk ambang batas disebut hanya 25 permohonan

Baca juga: Komisi II agendakan evaluasi Pilkada 2020 usai reses


Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar