Banjarmasin (ANTARA) - Kapal TNI Angkatan Darat yang mengangkut bantuan bagi korban banjir di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) tiba di Kota Banjarmasin pada Jumat. 

Panglima Komando Daerah Militer VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto secara simbolis menyerahkan bantuan dari TNI Angkatan Darat tersebut kepada Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor di Dermaga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

"Bantuan kemanusiaan dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa ini kami serahkan ke Pak Gubernur untuk selanjutnya didistribusikan ke wilayah terdampak banjir," kata Mayjen TNI Heri Wiranto.

Kapal TNI Angkatan Darat, KRI ADRI-50, membawa bantuan bahan makanan berupa 30 ton beras, 6.455 koli mi instan, 317 koli minyak goreng, 506 kilogram gula pasir, 613 paket sembako, dan 46 koli sarden.

Kapal itu juga membawa 760 selimut, 38 koli tenda, 125 koli sarung, empat unit toren berkapasitas 1.000 liter, 10 petak jembatan acrow panel tipe 1-1, 10 petak jembatan compact tipe 1-1, dua truk, dan satu alat bongkar muat.

Selain mengirim bantuan makanan dan barang kebutuhan pengungsi, TNI Angkatan Darat juga mengirim peralatan medis dan bantuan obat serta menurunkan dua dokter spesialis, empat dokter umum, dan lima perawat untuk membantu pelayanan kesehatan bagi korban banjir.

"Kami atas nama rakyat Kalimantan Selatan mengucapkan terima kasih kepada Kasad atas bantuan ini, yang akan langsung kami distribusikan kepada masyarakat yang terdampak banjir," kata Gubernur Kalimantan Selatan.​​​​​​​​​​​​​​

Baca juga:
Presiden minta kebutuhan korban banjir Kalsel dicukupi
BNPB serahkan bantuan dana siap pakai untuk tangani dampak banjir Kalsel

Pewarta: Firman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021