91,22 persen bukan suara sedikit
Makassar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan telah menetapkan Adnan Purichta Ichsan-Abd Rauf Malaganni (Adnan-Kio) sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Gowa terpilih periode 2021-2026 pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Ketua KPU Kabupaten Gowa Muhtar Muis, di Makassar, Senin, mengatakan penetapan ini berdasarkan surat KPU RI Nomor 60/PL.027-SD/03/KPU/X/2021 tanggal 20 Januari 2021 perihal Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Serentak Tahun 2020.

"Penetapan paslon terpilih ini menyusul pemberitahuan Mahkamah Konstitusi bahwa tidak ada gugatan terkait pilkada setempat," ujarnya.

Ia mengatakan, atas dasar dari pemberitahuan itu, sehingga dalam Pilkada Gowa pada 9 Desember 2020, pasangan Adnan-Kio yang berhasil memperoleh suara sebanyak 377.463 atau memperoleh suara 91,22 persen ditetapkan sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih.

Muhtar menjelaskan, Paslon Adnan-Kio ini menjadi paslon tunggal di Pilkada Gowa 2020 dan didukung sembilan parpol, yaitu PKB, PDIP, Golkar, PPP, PAN, NasDem, Demokrat, PKS, dan Perindo.

Selain itu, dia menyatakan tahun 2020 ini membuktikan bahwa Gowa mampu meraih zona hijau dalam perhelatan pilkada. Apalagi selama ini Pilkada Gowa terkenal dengan zona merahnya, sehingga melalui capaian tersebut dirinya mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintahan, TNI/Polri, Bawaslu, dan lainnya dalam membantu menyukseskan Pilkada 2020 tersebut.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut terlibat dalam keberhasilan ini, Pemkab Gowa, polres, kodim, satpol, unsur agama, masyarakat desa/lurah, Bawaslu, dan lainnya berkat kerja sama ini proses pemilihan kepala daerah bisa berjalan lancar dengan zona hijau yang kita raih," katanya pula.

Bupati Gowa terpilih Adnan Purichta Ichsan didampingi Wabup terpilih mengaku dengan capaian yang diraih bersama Abd Rauf menunjukkan kepercayaan masyarakat semakin tinggi kepada dirinya untuk membangun Gowa lima tahun ke depan.

"91,22 persen bukan suara sedikit, namun itu menunjukkan harapan masyarakat kepada kami berdua sangat tinggi, semoga itu bisa terbayar dengan membangun Gowa lebih baik selama lima tahun ke depan," katanya lagi.
Baca juga: Pilkada Gowa, LSI Denny JA: Andnan-Kio raih 90,91 persen suara
Baca juga: Tingkatkan partisipasi, Gowa siapkan kendaraan antar jemput pemilih

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021