"Saya mengenal dia dengan sangat baik. Saya sangat terkesan. Dia memiliki bakat yang luar biasa."
Jakarta (ANTARA) - Manajer Arsenal Mikel Arteta menyatakan bisa memperpanjang masa pinjam gelandang Martin Odegaard jika dia beradaptasi dengan baik dengan Liga Premier tetapi keputusan itu tergantung kepada sang pemain dan klub induknya Real Madrid.

Odegaard yang baru tiga kali menjadi starter Real di La Liga bergabung dengan Arsenal hingga akhir musim ini.

Pemain berusia 22 tahun itu memiliki segala kualitas dan karakteristik yang dicari Arsenal, namun setiap kemungkinan yang bisa membuatnya melebihi kontrak pinjamnya di Emirates akan tergantung kepada dua hal, kata Arteta.

"Pertama, seberapa baik dia beradaptasi di sini dan seberapa besar dampak yang dia bisa berikan kepada tim kami," kata Arteta seperti dikutip Reuters.

"Kedua, apa yang dipikirkan oleh Real dan pemain soal ini karena dia milik Madrid dan sang pemain juga memiliki andil besar dalam hal itu."

Odegaard yang melakukan debut bersama timnas Norwegia pada usia 15 tahun bergabung dengan Real saat berusia 16 tahun pada 2015 tetapi tidak mampu menembus tim utama sehingga menghabiskan waktu sebagai pemain pinjaman di klub Belanda Heerenveen dan Vitesse Arnhem.

Baca juga: Martin Odegaard resmi gabung Arsenal

Sebelum bergabung dengan Arsenal, dia sempat disebut-sebut bakal pindah ke Real Sociedad yang dia perkuat selama musim lalu dalam status pinjaman karena mengantarkan tim itu finis urutan keenam dan lolos ke Liga Europa.

"Saya kira dalam beberapa musim terakhir dia sudah berubah dan berkembang dengan cara yang benar. Saya mengikutinya dengan cermat karena dia pernah bermain untuk Real Sociedad yang merupakan kampung halaman saya," tambah Arteta.

"Saya mengenal dia dengan sangat baik. Saya sangat terkesan. Dia memiliki bakat yang luar biasa."

Arteta mengatakan Odegaard masih berusaha untuk bugar sehingga ragu bisa diturunkan pada pertandingan liga melawan Manchester United Minggu dini hari lusa.

Baca juga: Odegaard punya kualitas spesial yang dibutuhkan Arsenal kata Arteta
Baca juga: Modric tantang Martin Odegaard buktikan kemampuannya di Real Madrid
Baca juga: Mantan manajer Vitesse klaim Liverpool sempat dekati Martin Odegaard

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021