Surabaya (ANTARA) - Manajemen Persebaya menunggu surat izin tertulis dari Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya terkait pemakaian Stadion Gelora 10 November sebagai lokasi latihan tim.

"Kalau sudah ada surat maka bisa jadi pegangan bahwa memang benar-benar membolehkan kami berlatih di sana," ujar Sekretaris Tim Persebaya Ram Surahman ketika dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu malam.

Pihak manajemen tim menyambut gembira kabar diperbolehkannya Stadion Gelora 10 November Tambaksari untuk latihan Rendy Irwan Saputra dan kawan-kawan.

Baca juga: Persebaya bisa gunakan Stadion GBT dan Gelora 10 November
Baca juga: La Nyalla nilai talenta anak Maluku di cabang sepakbola perlu digenjot


Ram juga menyebut kabar itu sudah lama dinanti atau sejak saat Persebaya Surabaya kembali ke kompetisi resmi PSSI pada 2017.

"Sejak saat itu, Persebaya belum sekalipun bisa menginjak rumput Gelora 10 November. Padahal di saat bersamaan, beberapa tim Liga 1 bisa berlatih di sana," katanya menambahkan.

Persebaya, kata dia, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana yang mengizinkan latihan di stadion legendaris Kota Pahlawan itu.

Persebaya Surabaya berharap bisa melakukan sewa kelola Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Gelora 10 November, bahkan pengajuannya sudah dilayangkan secara tertulis lewat surat yang dikirim pada 19 Januari.

"Sebelum ini, kami memang berkirim surat ke Pemkot. Mengajukan untuk bisa sewa kelola GBT dan Tambaksari selama 10 tahun," kata Ram menegaskan.

Langkah ini, lanjut dia, dilakukan sebagai bagian dari upaya Persebaya untuk mempermudah mendapatkan lisensi klub profesional dari AFC.

Ia menerangkan, tahun lalu Persebaya Surabaya dinyatakan tidak lolos sehingga jatah tampil di Piala AFC sebagai runner up Liga 1 Indonesia musim 2019 melayang.

"Di antara kendala yang dihadapi Persebaya yakni aspek infrastruktur karena kesulitan stadion home base dan training ground. Nah, GBT dan G10N diproyeksikan untuk menutup kendala tersebut," katanya.

"Begitu ada kabar kapan kompetisi dimulai, kami secepatnya berlatih di sana karena memang sudah tidak sabar," pungkas Ram Surahman.

Baca juga: Hansamu Yama hingga Samsul Arif ambil lisensi pelatih C PSSI
Baca juga: Pemkot Surabaya siap ajukan kasasi sengketa Wisma Persebaya
Baca juga: Kalangan akademisi berharap kompetisi sepak bola kembali bergulir

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021