...perseroan memiliki peluang yang jauh lebih besar dalam melakukan ekspansi usaha seperti penguatan modal dan pertambahan portofolio investasi
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan bank syariah PT Bank Net Indonesia Syariah Tbk (BANK) dan perusahaan perdagangan ritel produk elektronik dan rumah tangga PT Damai Sejahtera Abadi Tbk (UFOE) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui mekanisme penawaran umum perdana saham atau IPO di Jakarta, Senin.

BANK melepas lima miliar saham atau 37,9 persen dari modal disetor dengan harga penawaran Rp103 per saham, sehingga perseroan meraup dana segar Rp515 miliar.

"Dengan pencatatan perdana ini, perseroan memiliki peluang yang jauh lebih besar dalam melakukan ekspansi usaha seperti penguatan modal dan pertambahan portofolio investasi," kata Direktur BANK Basuki Hidayat saat pencatatan saham secara virtual di Jakarta, Senin.

Baca juga: BEI dukung perusahaan teknologi dan startup melantai di bursa

Selain mencatatkan saham, lanjut Basuki, perseroan juga menerbitkan waran seri I sebanyak 2,8 miliar lembar atau sebesar 34,175 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Waran seri I tersebut diberikan secara cuma-cuma kepada para pemegang saham baru perseroan dengan perbandingan 25 saham baru mendapatkan 14 waran seri I dengan harga jadi atau exercise Rp110.

Sehingga bila seluruh waran di-exercise oleh para pemegang saham, perseroan akan memperoleh tambahan modal sebanyak-banyaknya Rp308 miliar di mana dana waran tersebut 100 persen akan digunakan untuk modal kerja perseroan.

Sementara itu (UFOE) melepas 457,5 juta saham atau 20 persen dari modal disetor dengan harga penawaran Rp101 per saham, sehingga perseroan memperoleh dana segar Rp46,2 miliar.

Baca juga: BEI: Meski pandemi, 51 perusahaan catatkan saham di bursa

Direktur Utama UFOE Poedji Harixon mengatakan pencatatan saham tersebut merupakan realisasi dari komitmen manajemen untuk go public.

"Dana hasil IPO ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, akan digunakan perseroan untuk investasi penambahan tanah beserta bangunan untuk toko dan gudang di Gresik dan Banjarbaru serta sisanya akan digunakan untuk modal kerja perseroan," ujar Poedji.

PT Bank Net Indonesia Syariah Tbk dan PT Damai Sejahtera Abadi Tbk menjadi perusahaan tercatat keempat dan kelima di bursa sepanjang 2021.

Pada perdagangan perdana, saham BANK terpantau naik 36 poin atau 34,95 persen alias menyentuh batas Auto Reject Atas (ARA) menjadi Rp139 per saham. Saham UFOE juga menguat 35 poin atau 34,65 persen menjadi Rp136 per saham.

Baca juga: BEI: 20 perusahaan ngantri catatkan saham di bursa

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021