Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menyediakan tes usap antigen di kantor Kepolisian Sektor (Polsek) yang dapat dimanfaatkan oleh warga Ibu Kota.

Tes usap antigen disediakan untuk mendeteksi indikasi paparan virus corona (COVID-19) pada warga yang memiliki gejala maupun yang memiliki kontak erat dengan pasien.

"Dilakukan 'tracing' oleh Babinsa dan Babinkamtibmas, nanti mereka akan dibawa ke Polsek untuk 'swab' antigen," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Jakarta, Selasa.

Tes usap antigen disediakan pada Senin dan Kamis, mulai pukul 09.00-12.00 WIB. Masing-masing Polsek dibekali 100 paket (kit) tes usap antigen per minggu.

Baca juga: Kapolda Metro dan Pangdam Jaya cek prokes di dua pasar Jakarta Barat
Baca juga: Polda bagikan 100 ribu masker setiap hari wujudkan Jakarta Bermasker
Kampanye "Jakarta Bermasker" oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman di Pasar Tomang Barat, Jakarta, Selasa (2/1/2021). (ANTARA/Devi Nindy)
Kegiatan tersebut mengiringi berjalannya 3 T (tracing, testing, treatment) di sejumlah Kampung Tangguh Jaya yang didirikan untuk menekan angka penyebaran virus di lingkungan Rukun Warga (RW).

"Untuk menyiasati kekurangan tes usap antigen, kami juga menyediakan tes cepat antibodi," ujar Kapolda.

Program tersebut ditujukan kepada warga yang secara ekonomi kurang mampu untuk menjangkau tes kesehatan tersebut sehingga diharapkan bisa terdeteksi cepat dan akurat.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021