Jakarta (ANTARA) - Volkswagen ID6 X, kendaraan listrik dengan tempat duduk hingga tujuh penumpang dan direncanakan untuk pasar China, sepertinya akan debut di Negeri Tirai Bambu dalam waktu dekat.

Foto-foto dari VW ID6 X, dikabarkan telah terpampang di situs Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China minggu ini, menurut laporan dari Autonews, dikutip pada Minggu.

Usaha patungan Volkswagen Group dengan SAIC mendapat persetujuan dari regulator untuk memproduksi dan menjual kendaraan listrik besar di China.

Baca juga: VW "recall" 56.000 model Golf akibat perangkat lunak

Baca juga: VW hentikan produksi e-Golf


Model ini akan dibangun di pabrik SAIC-Volkswagen baru di Shanghai dengan kapasitas tahunan sebanyak 300 ribu unit. Ketika konsep ID Roomzz (ID 6) diperkenalkan, CEO VW Herbert Diess mengatakan crossover andalan tersebut nantinya juga akan diperkenalkan di pasar lain, tetapi tidak berkomentar lebih lanjut mengenai waktu rilisnya.

Juergen Stackmann, direktur penjualan dan pemasaran merek VW, mengatakan kepada majalah AutoExpress pada tahun 2019 bahwa produksi ID Roomz akan dijual di AS, tetapi tidak mungkin dipasarkan di Eropa, di mana pembeli lebih memilih bentuk mobil kompak.

VW sudah memproduksi dua kendaraan listrik yang lebih kecil di usaha patungan di China - ID4 Crozz yang dirakit di FAW-Volkswagen di Foshan dan ID4 X yang dibuat oleh SAIC Volkswagen di Shanghai.

Pabrik perakitan baru di pusat manufaktur VW di Tennessee juga akan memproduksi mobil listrik.

Volkswagen mengatakan pada November bahwa produksi tiga model ID tambahan akan dimulai di China pada 2021. Secara keseluruhan, VW berencana untuk memperkenalkan delapan model ID di China pada 2023.

ID6 X didasarkan pada platform matriks listrik modular (MEB) -- sama dengan yang diluncurkan Volkswagen di seluruh dunia. Model ini 11,5 inci lebih panjang dari ID4, dan 24,2 inci lebih panjang dari hatchback ID3 yang hanya dijual di Eropa.

Di China, menurut dokumen pemerintah, ID6 X tingkat dasar akan dilengkapi dengan baterai lithium ion 82kWh. Dua opsi powertrain akan ditawarkan; yatu model dasar, tingkat pemula dengan satu motor listrik 75kW bertenaga 100 hp, dan model kelas atas dengan dua motor, satu di setiap ujung kendaraan, untuk daya gabungan 150kW dan 201 hp.

Ini akan ditawarkan dengan penggerak roda belakang atau all-wheel dan transmisi satu kecepatan.

Baca juga: VW desak Eropa produksi chip semikonduktor sendiri

Baca juga: Penjualan mobil di Jerman turun 30 persen pada Januari

Baca juga: VW ID.3 mulai produksi di pabrik Dresden, bekas pabrik e-Golf
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021