Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta masyarakat Ibu Kota untuk mewaspadai potensi kenaikan muka air yang dipicu oleh curah hujan berintensitas tinggi.

Saat ini kenaikan muka air berstatus Siaga 3 di Pintu Air Katulampa, Depok, Sunter Hulu, Karet dan Manggarai.

Menurut data dari Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta yang dilansir akun Twitter resmi "@BPBDJakarta", Minggu, warga yang diminta waspada berada di Cipinang Melayu, Kelapa Gading, Bambu Apus, Cipinang Muara, Cilangkap, Kebon Bawang, Pondok Ranggon, Duren Sawit, Jatinegara Kaum.

Kemudian Rawa Badak Selatan, Rawa Badak Utara, Setu, Kayu Putih, Lubang Buaya, Pondok Bambu, Pulo Gadung, Sungai Bambu, Sumur Batu, Pondok Kelapa, Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading Barat dan Cipinang.

Kenaikan tinggi muka air juga tercatat di Pintu Air Karet dengan sejumlah wilayah diminta untuk waspada yakni Grogol, Kalianyar, Karet Tengah, Jati Pulo, Kota Bambu Utara, Kota Bambu Selatan, Tomang dan Petamburan.

Masyarakat yang bermukim di sekitar lintasan Sungai Ciliwung juga diharap untuk waspada, wilayah tersebut, yakni Balekambang, Manggarai, Jagakarsa, Pal Meriem, Jati Padang, Bali Mester, Baru, Kalibata, Pancoran, Bidara Cina, Kalisari, Pejaten Timur, Pengadegan, Bukit Duri dan Kampung Melayu.

Selanjutnya, Rawajati, Cawang, Kampung Tengah, Kebagusan, Cikoko, Srengseng Sawah, Tanjung Barat, Cililitan, Kebon Baru, Kebon Manggis, Duren Tiga, Lenteng Agung dan Gedong.

Pihak berwenang telah menyebarkan informasi tersebut melalui "DEWS", media sosial serta camat dan lurah di wilayah tersebut.

Baca juga: BPBD DKI kembali ingatkan warga bantaran sungai waspadai banjir
Baca juga: BPBD DKI imbau warga bantaran sungai waspadai banjir
Baca juga: Pemprov DKI Jakarta imbau warga waspadai cuaca ekstrem

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021