1.230 pasien pengungsi gempa Sulbar telah dilayani RSL TNI-AD

id Pasien gempa,Rumah sakit lapangan TNI-AD,sulbar,mamuju,majene

1.230 pasien pengungsi gempa Sulbar telah dilayani RSL TNI-AD

Rumah Sakit (RS) lapangan TNI Angkatan Darat (TNI-AD) telah melayani sebanyak 1230 orang pengunsi gempa di kabupaten Mamuju dan Majene, Senin (8/2/2021). ANTARA/M Faisal Hanapi/am.

Mamuju (ANTARA) - Rumah Sakit Lapangan TNI Angkatan Darat (RSL TNI-AD) telah melayani sebanyak 1.230 orang pengungsi korban gempa di Kabupaten Mamuju dan Majene, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah (Dandenkesyah) Korem 142 Tatag Mamuju, Letkol (Ckm) Asnawai, S.Kep.Ners, di Mamuju, Senin, mengatakan RSL TNI AD sejak didirikan pada 25 Januari sampai dengan 7 Februari 2021 telah melayani pasien 1.230 orang pengungsi gempa.

Ia mengatakan, para pasien yang datang tersebut memiliki berbagai penyakit yang dikeluhkan dan terdapat juga pasien yang melakukan rawat jalan sebanyak 59 orang .

Saat ini, kata dia, di RSL TNI AD sebanyak lima orang menjalani perawatan inap dan 62 orang lainnya sudah di nyatakan sembuh.

Menurut dia, terdapat pula sebanyak 41 orang telah menjalani operasi baik caesar, orthopedi, bedah umum maupun bedah onkologi atau tumor.

RSL TNI-AD yang berdiri lapangan Tammajarra Markas Korem 142 Taroada Tarogau (Tatag) pertama kali didirikan di Indonesia.

RS lapangan bantuan KASAD itu mampu menampung hingga 100 orang untuk melakukan pelayanan kesehatan korban gempa di Mamuju dan Majene.

Jumlah personel batalyon kesehatan yang melakukan pelayanan kesehatan sebanyak 147 orang, terdiri atas para medis dan tenaga ahli terutama dokter-dokter spesialis di RS lapangan itu.

Selain itu, RS lapangan itu juga didukung oleh 17 orang dokter, di antaranya dokter spesialis termasuk dokter umum, apoteker, gizi dan perawat serta tenaga kesehatan lainnya, demikian Asnawai.

Baca juga: RS TNI-AD tampung 100 korban gempa Sulbar

Baca juga: RS lapangan dukungan Kasad di lokasi gempa Sulbar sudah beroperasi

Baca juga: RS TNI AD Palangka Raya obati pasien COVID-19 juga gunakan madu murni

Baca juga: RS Lapangan TNI AD di Solo antisipasi meledaknya COVID-19

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar