Mudah-mudahan masyarakat memberikan kepedulian
Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengunjungi tiga panti sosial milik Pemprov DKI Jakarta di Cipayung, Jakarta Timur, Kamis, untuk memastikan penerapan protokol kesehatan guna bisa menekan penyebaran virus COVID-19.

Selain memantau penerapan protokol kesehatan, Riza juga memantau pelayanan tetap berjalan optimal meski di tengah pandemi di tiga panti sosial yakni Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa, Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulya 1 dan Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa.

"Saya bersyukur bisa berkunjung ke panti ini dalam rangka memenuhi masukan teman-teman di DPRD DKI untuk selalu melakukan pengecekan. Kita memiliki 29 panti, anak umur nol sampai satu tahun sampai dengan lansia. Para penghuni kami bimbing menerapkan 3M. Misalnya lansia saat duduk, berjemur, tetap menggunakan masker, menjaga jarak," kata Riza di Jakarta, Kamis.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulya 1 Ucu Rahayu menyatakan meski sedang pandemi, pelayanan bagi para penghuni panti sosial tetap dioptimalkan.

Baca juga: Positif COVID-19, 66 lansia dievakuasi ke RSKD Duren Sawit

Berbagai kegiatan tetap berjalan dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19, misalnya latihan menari yang sempat disaksikan Riza dalam kunjungan tersebut.

Ketiga panti sosial milik Pemprov DKI tersebut menampung total sekitar 8.000 orang dan dari jumlah itu 40 persen dari total tersebut bukan merupakan warga Jakarta.

Di panti-panti itu, para penghuni mendapat makan, pakaian, juga pendidikan yang layak sesuai standar. Panti sosial juga menangani gangguan psikotik, yakni orang yang mengalami gangguan kejiwaan.

"Mudah-mudahan masyarakat memberikan kepedulian. Membantu panti asuhan. Syukur-syukur juga ada yang mendirikan panti asuhan mandiri atau swasta untuk meringankan beban kita semua," ujarnya.

Baca juga: Panti Sosial Cengkareng mulai "lockdown" sehubungan klaster lansia

Riza disambut dan didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Irmansyah, Kepala Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa, Ucu Rahayu yang juga Plh Kepala Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulya 1, Kepala Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa, Tuty, Wakil Walikota Jakarta Timur, Hendra Hidayat, Camat Fajar Eko Satrio, Dewan Kota Toto Suharto dan berapa pejabat terkait lainnya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021