Untuk jangka pendek, menengah dan panjang sudah kami diskusikan, dan kami dukung sepenuhnya karena memang merupakan aspirasi para pelaku pariwisata di Bali maupun sektor-sektor pendukung lainnya,
Denpasar (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno bersama Gubernur Bali Wayan Koster membahas soal pinjaman lunak sebesar Rp9,9 triliun yang diperuntukkan bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Pulau Dewata pada 2021.

"Beliau (Menparekraf-red) sudah menunjukkan komitmen dan kepedulian yang tinggi terhadap pariwisata di Bali," kata Koster saat menerima kunjungan Menparekraf di Rumah Jabatan Jayasabha, Denpasar, Kamis.

Koster yang didampingi Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) mengatakan pihaknya beserta jajaran telah mendiskusikan program-program khusus guna menyelamatkan kepariwisataan Bali yang terdampak sangat signifikan akibat pandemi.

"Untuk jangka pendek, menengah dan panjang sudah kami diskusikan, dan kami dukung sepenuhnya karena memang merupakan aspirasi para pelaku pariwisata di Bali maupun sektor-sektor pendukung lainnya," ujarnya.

Baca juga: Menparekraf dan BI bahas pembayaran digital bagi pelaku pariwisata

Pihaknya berharap semua program yang telah dicanangkan tersebut dapat segera direalisasikan pada tahun 2021 ini. Hal ini agar para pelaku pariwisata dan mereka yang terdampak di Bali bisa segera tertolong dan diselamatkan minimal dalam jangka pendek.

"Semakin cepat akan semakin baik (realisasinya, red), dan saya berterima kasih kepada Bapak Menteri (Sandiaga Uno, red) yang secara rutin datang ke Bali menyampaikan progres penyelesaian program-program ini," ucapnya.

Gubernur asal Desa Sembiran, Kabupaten Buleleng itu berharap pandemi bisa terlewati dengan baik dan pariwisata bisa pulih kembali.

Baca juga: Luhut ajak masyarakat bangga berwisata di Indonesia

Pada kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa pertemuan kali ini membahas sejumlah poin penting, di antaranya menyinggung soal soft loan (pinjaman lunak) Rp9,9 triliun bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali.

Usulan Pemerintah Provinsi Bali bersama Kadin Bali adalah konsep stimulus (dana segar yang on top of the existing loan) yang ditujukan sejumlah Rp1,5 miliar untuk cashflow pelaku pariwisata

"Sekarang hal tersebut sedang dalam pembahasan dan masuk dalam program pemulihan ekonomi nasional," ujarnya.

Mantan Wagub DKI Jakarta ini juga menyebut rencana program-program padat karya pemulihan pariwisata Bali yang sudah mulai tahap realisasi lewat pencanangan 177 desa wisata, pembangunan jogging track, perbaikan destinasi wisata hingga pengolahan sampah di Klungkung.

"Juga Pak Gubernur menambahkan rencana pengolahan sampah di Kuta dan beberapa lokasi destinasi wisata lain yang diharapkan mampu membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan sebanyak-banyaknya," ujarnya,

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga menyinggung pembahasan terkait upaya mendatangkan kembali wisatawan mancanegara ke Pulau Dewata.

Pihaknya pun tengah mengkaji konsep Free COVID-19 Corridor pada masa pandemi ini untuk diterapkan di Bali. Konsep tersebut akan mengizinkan warga negara asing datang ke Bali dengan syarat sudah divaksin di negara asalnya.

Kemudian begitu tiba di Bali harus melakukan rapid test antigen untuk memastikan wisman tersebut bebas dari COVID-19.

"Hal ini sudah dibicarakan dengan Menkumham, Menkes dan Menlu serta Satgas COVID-19. Pada prinsipnya usulan sudah ada dalam pembahasan di tingkat akhir di Pusat," ujarnya.

Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas program vaksinasi COVID-19 yang seiring makin membaiknya kondisi, maka Bali akan mendapatkan prioritas.

Teknis pelaksanaan vaksin gotong-royong dan vaksin mandiri masih digodok oleh Kadin Pusat. Melalui pemulihan sektor pariwisata yang diarahkan ke vaksin dengan target 1,2 juta pekerja di sektor pariwisata akan mampu menumbuhkan dan membangkitkan kepercayaan publik terhadap Bali.

"Kita doakan bersama semuanya cepat pulih, pariwisata bisa kembali lagi. Jika pariwisata pulih kembali, ekonomi akan kembali. Dan jika bicara pariwisata Indonesia,  tak bisa lepas dari Bali," ucap Sandiaga Uno.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021