Saya bisa pastikan satu hal kepada anda: Tidak ada debat soal apakah sekolah akan dibuka. (Yang) ada debat soal bagaimana (sekolah di buka
Washington (ANTARA) - Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC)  federal berencana mengeluarkan pedoman baru untuk pembukaan sekolah di Amerika Serikat pada Jumat, menurut penasihat COVID-19 Gedung Putih, Andy Slavitt.

Dibukanya kembali sekolah menjadi prioritas utama pemerintahan Presiden Joe Biden, yang menekankan bahwa dirinya ingin rencana tersebut dilakukan secara aman dan mendukung vaksinasi bagi kalangan pengajar.

Badan keamanan kesehatan AS itu sedang mengkaji serangkaian pedoman baru guna mengatasi rintangan yang dihadapi sekolah daerah di seluruh negeri.

"Besok, CDC akan meluncurkan rencana mereka untuk memberikan sekolah daerah, masyarakat setempat, pedoman COVID-19 yang perlu mereka ketahui sebelum membuka (sekolah) lagi dan mulai melakukannya secara agresif," kata Slavitt pada Kamis.

Tekanan untuk membuka kembali atau memperluas belajar tatap muka bagi murid menjamur di seluruh AS dalam beberapa pekan belakangan, sebab dampak pemelajaran daring terhadap pendidikan dan kehidupan keluarga menjadi lebih nyata. Perselisihan soal bagaimana dan kapan sekolah kembali dibuka secara aman kian memanas di banyak sekolah daerah.

Slavitt mengaku paham mengapa sejumlah orang tua ingin sekali sekolah dibuka. Ia juga menekankan bahwa CDC sangat teliti dalam menyusun pedoman tentang masker, jaga jarak sosial dan isu lainnya.

"Saya bisa pastikan satu hal kepada anda: Tidak ada debat soal apakah sekolah akan dibuka. (Yang) ada debat soal bagaimana (sekolah di buka)," kata Slavitt. "Dan jika 'membuka semua sekolah' adalah hal yang sederhana, maka semuanya akan dibuka sekarang."

Sumber: Reuters

Baca juga: New York City tutup sekolah umum karena COVID-19 memburuk
Baca juga: Seluruh sekolah di Los Angeles tutup mendadak

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021