Keerom (ANTARA) - Personel TNI Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam bersama warga di Kampung Monggoefi, Distrik Yafi, Kabupaten Keerom, Papua melakukan panen bersama jagung hasil bercocok tanam di masa pandemi COVID-19 dalam upaya mendukung ketahanan pangan lokal di wilayah perbatasan RI-Papua New Niugini.

"Program ini merupakan bentuk sinergi TNI dalam membantu masyarakat yang tinggal di perbatasan dalam menghadapi pandemi COVID-19," kata Komandan Kompi Tempur I Satgas Pamtas Yonif 312/KH Kapten Inf Rassam dalam keterangannya, Minggu dini hari, dari Kabupaten Keerom.

Dankipur Kapten Rassam berharap, program ini dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Baca juga: Pangdam perintahkan Satgas Pamtas RI-PNG rebut simpati dan hati rakyat

Baca juga: Satgas Pamtas Yon-642 amankan obat ilegal asal Malaysia


"Dengan kegiatan panen jagung ini semoga menjadi motivasi bagi masyarakat lokal dalam meningkatkan hasrat untuk bercocok tanam," kata Kapten Rassam.

Di tempat terpisah Danpos Km.140 Letda Inf Aan Suherna menjelaskan kegiatan panen jagung merupakan bagian dari upaya satgas TNI untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan nasional yang digagas pemerintah sehingga dapat membantu kebutuhan keseharian warga.

"Para prajurit bersama warga sekitar pos menuai hasilnya dengan panen bersama. Ya, Alhamdulillah mendapatkan sambutan yang baik dari warga karena hasil panen tersebut dapat dinikmati bersama," tutur Aan.

Letda Aan mengatakan, bagi warga yang tidak sempat hadir dalam panen ini personel Satgas Yonif 312/KH langsung mengantar hasil panen ke rumah-rumah masyarakat sekaligus melaksanakan anjangsana mempererat silaturahim.*

Baca juga: Satgas TNI bantu warga di perbatasan RI-Papua Nugini buat MCK

Baca juga: TNI-Polri bersama warga perbaiki jembatan rusak di perbatasan RI-PNG

Pewarta: Muhsidin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021