Jakarta (ANTARA) - Pendiri dan CEO Huawei Ren Zhengfei mengatakan bahwa seri iPhone 12 5G menampilkan handset berkemampuan 5G terbaik yang tersedia saat ini.

Dia menyebut jajaran iPhone 2020 adalah ponsel 5G "terbaik di dunia" dan mengakui kualitas teknologi di dalamnya, dikutip dari Phone Arena, Senin.

Ren bahkan mengaku menggunakan iPhone 5G sebagai cara untuk menjajal kualitas peralatan jaringan 5G Huawei -- Huawei tetap menjadi pemasok peralatan jaringan terbesar di dunia.

Baca juga: Kemendikbud-Huawei sediakan "cloud e-learning" bagi perguruan tinggi

"Kami mendukung kemajuan yang dibuat oleh Apple iPhone 12," kata Ren, menambahkan bahwa perangkat tersebut "telah mampu mencapai kecepatan unduh 1,82 Gbps, menjadikannya yang terbaik di dunia."

"Kami membantu membangun jaringan 5G terbaik di banyak kota di seluruh dunia: Berlin, Munich, Madrid, Zurich, Jenewa, Amsterdam, Wina, Barcelona, ​​Seoul, Bangkok, Hong Kong, Riyadh… Jaringan kami Eropa masuk dalam tes jaringan global teratas," dia melanjutkan.

Pekan lalu, Huawei mengatakan telah melakukan ratusan tes jaringan 5G di seluruh dunia. Menurut hasil uji pengalaman jaringan 5G di kota-kota besar global yang dilakukan dengan banyak organisasi pihak ketika di seluruh dunia, termasuk di kota-kota seperti Seoul, Amsterdam, Madrid, Zurich, Hong Kong dan Riyadh.

"Operator yang bermitra dengan Huawei menempati peringkat nomor satu dalam pengalaman jaringan 5G," ujar Ren.

Ren juga mengakui dominasi Apple di sektor ponsel premium kelas atas dan mengatakan bahwa peralatan jaringan Huawei bagus untuk pengguna iPhone.

Ren berkomentar bahwa "Banyak pengguna perangkat kelas atas di Eropa menggunakan iPhone, dan cara ponsel tersebut beroperasi di jaringan kami di Eropa sebenarnya adalah tanda bahwa kami juga bekerja dengan baik."

Tahun lalu, Ren mengatakan bahwa hanya ada dua pemain besar dalam ekosistem, yaitu Apple dan Google, dan tidak keberatan untuk berada di posisi ketiga. "Dalam industri apa pun, tiga pemain teratas masuk akal," ujar dia pada saat itu.

Huawei sejak saat itu membuat sistem operasinya sendiri dan memperluas ekosistem perangkatnya, dengan HarmonyOS akan debut pada smartphone lini P50 yang akan datang.

Baca juga: Huawei buka gerai HES baru di Lippo Mall Puri

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021