BNPB siapkan 11 helikopter cegah Karhutla di Riau

id BPBD Riau,KARHUTLA

BNPB siapkan 11 helikopter cegah Karhutla di Riau

BNPB Helikopter. ANTARA/Frislidia.

Provinsi Riau (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan 11 helikopter untuk mencegah dan mengendalikan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau.

"Helikopter tersebut disiapkan pihak BNPB karena Provinsi Riau sudah menetapkan status siaga darurat Karhutla sejak 15 Februari hingga 31 Oktober 2021," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edward Sanger di Pekanbaru, Senin.

Dia mengatakan, berkaitan dengan penetapan status siaga Riau SOAL Karhutla itu, maka Pemrov Riau akan segera mengirim surat ke BNPB untuk permintaan helikopter tersebut agar bisa segera dioperasikan.

Baca juga: Menko Polhukam: Pemerintah bersiap tanggulangi karhutla 2021

Ia menyebutkan bahwa selama kurun waktu Januari hingga 15 Februari 2021, telah terjadi Karhutla di empat kabupaten/kota di Riau. Yakni Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Siak dan kota Dumai.

"Dari empat kabupaten/kota tersebut, luasan lahan yang sudah terbakar sebanyak 55 hektare," katanya.

Data BPBD Raiu menyebutkan, luas lahan terbakar di Provinsi Riau periode 1 Januari-13 Februari 2021 terdeteksi seluas 55,71 hektare dengan hot spot sebanyak 45 titik, berasal dari beberapa kejadian kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Siak, Bengkalis, Rokan Hilir (Rohil), dan Kota Dumai.

Berdasarkan data kasus Karhutla tersebut di Kabupaten Siak luas lahan terbakar sebanyak 33 hektare, Kabupaten Bengkalis 17,7 hektare, Kabupaten Rohil lima hektare dan Kota Dumai seluas 0,01 hektare.
.

Baca juga: Dua hektare lahan kelapa sawit kembali terbakar di Agam
Baca juga: Kebakaran hutan terjadi di dekat konsesi Sinarmas Siak
Baca juga: Tim gabungan padamkan lahan gambut terbakar di Musi Banyuasin

Pewarta : Frislidia
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar