Dubes Spanyol ke Maluku Utara bahas kedatangan kapal Sebastian El Cano

id Dubes,Dubes Spanyol ,Maluku Utara,kapal Sebastian El Cano,Tidore, Jose Maria Matres Manso

Dubes Spanyol ke Maluku Utara bahas kedatangan kapal Sebastian El Cano

Dubes Spanyol untuk Indonesia Jose Maria Matres Manso melawat ke Maluku Utara bersama Atase Ekonomi Raul Merchan Fernandez, guna membahas persiapan kedatangan kapal Sebastian El Cano pada Maret 2021. (Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Duta Besar Spanyol untuk Indonesia Jose Maria Matres Manso, didampingi Atase Ekonomi Raul Merchan Fernandez, melawat ke Maluku Utara (Malut) , untuk membahas persiapan kedatangan kapal latih Spanyol Sebastian El Cano serta lokasi pelaksanaan expo pada 27-29 Maret 2021.

"Pada 500 tahun yang lalu beberapa negara di Eropa termasuk Portugal dan Spanyol dalam sejarah mereka telah menjelajah Maluku Utara, dan itu adalah sebuah sejarah yang tidak bisa dilupakan. Oleh karena itu kunjungan kapal El Cano pada Maret nanti dapat menjadikan pemacu bagi panitia di Tidore dan Pemerintah Maluku Utara terkait dengan event ini," kata Dubes Spanyol di Ternate, Selasa.

Dubes Jose mengatakan kunjungan kapal dari negaranya tersebut menujukan bahwa kerja sama antara Indonesia dengan Spanyol sangat baik, karena hubungan ini sudah tercipta sejak kurang lebih 500 tahun yang lalu. Spanyol dan Maluku Utara perlu  membangun sebuah kerja sama yang lebih kuat lagi di masa depan.

Turut hadir dalam pertemuan dengan Dubes Spanyol itu, antara lain, Sekda Malut Drs, Syamsuddin A. Kadir, Kolonel Antonio, Kadis Pariwisata Malut Tahmid Wahab, Kadis Pendidikan Dan Kebudayaan Imam Mahdi, Kepala BPKAD Ahmad Purbaya, Karo PKKP Rahwan K. Suamba, dan para Bobato Kesultanan Ternate.

Sementara itu, Sekprov Malut, Syamsuddin A Kadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi sangat mendukung kegiatan ini. Dia berharap semoga kegiatan tersebut berjalan lancar dan apa yang dicita-citakan bersama terkait dengan peringatan atas pertama kalinya Tidore sebagai titik nol dunia yang membuktikan bahwa bumi itu bulat yakni pada tahun 1521, dapat menjadi tonggak sejarah bagi Provinsi Maluku Utara.

Sekda juga mengucapkan selamat datang kepada Duta Besar Spanyol . "Semoga ke depannya, setelah kegiatan kunjungan kapal Spanyol itu, hubungan kerja sama tidak terhenti di situ saja, karena kita masih perlu menjalin kerja sama dalam bidang perdagangan dan pariwisata," ujar Syamsuddin.
 

Pewarta : Abdul Fatah
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar