Basarnas Ternate selamatkan dua warga di perairan Sanana-Buru

id basarnas maluku utara,nelayan hilang malut

Basarnas Ternate selamatkan dua warga di perairan Sanana-Buru

Basarnas bersama instansi terkait berhasil menyelamatkan dua warga di perairan antara Pulau Sanana – Pulau Buru saat menggunakan longboat. ANTARA/Abdul Fatah.

Ternate (ANTARA) - Kantor Pencarian dan pertolongan Basarnas Ternate Maluku Utara (Malut) bersama instansi terkait berhasil menyelamatkan dua warga di perairan antara Pulau Sanana – Pulau Buru saat menggunakan longboat.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah di Ternate, Rabu, membenarkan adanya dua warga asal Pulau Seram bernama Abdullah dan Jamal
berhasil diselamatkan saat melakukan perjalanan menggunakan longboat dengan rute Desa Bajo, Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula menuju Kecamatan Waplau Namlea, Provinsi Maluku akibat hilang kontak.

Menurut dia, kronologisnya pada Senin (15/2), tim Basarnas Ternate menerima laporan dari Kasat Polair Pulau Sanana bahwa longboat dengan POB lost contact di perairan antara pulau Sanana dan pulau Buru.

Pukul 21.42 Wit, Basarnas Ternate terima informasi dari Danpos AL Sanana, Lettu Jarwo bahwa korban telah ditemukan oleh Kapal KM Harapan Bersama 77 di +- 20 NM arah tenggara Pelabuhan Sanana dan dilakukan penarikan menuju Pelabuhan Sanana dan korban dalam keadaan selamat.

Kapal KM Harapan Bersama 77 tiba di Pelabuhan Sanana bersama dua orang korban selanjutnya dievakuasi dan diserahkan ke keluarga korban. Tim SAR Gabungan melaksanakan debriefing, selanjutnya Operasi SAR ditutup dan seluruh unsur yang terlibat di kembalikan ke kesatuan masing-masing.

Sebelumnya, informasi yang diperoleh dari kedua korban selamat, mereka sedang berlayar dari Desa Bajo Kecamatan Sanana menuju ke Kecamatan Waplau Namlea, Maluku dengan menggunakan longboat warna kuning mesin 40 PK membawa sebanyak 500 kg ikan.

"Perkiraan waktu tiba di Waplau Namlea, Provinsi Maluku pada pagi atau paling lambat siang hari, namun dilaporkan korban belum sampai di tujuan dan nomor telepon seluler korban tidak aktif, sehingga keluarga korban melaporkan kejadian tersebut ke pihak Polairud dan diteruskan ke Basarnas," katanya.

Baca juga: Basarnas hentikan pencarian nelayan hilang di Sidangoli Ternate

Baca juga: Nelayan Sulut yang hanyut di Maluku Utara ditemukan Basarnas

 
Basarnas bersama instansi terkait berhasil menyelamatkan dua warga di perairan antara Pulau Sanana – Pulau Buru saat menggunakan longboat (Abdul Fatah)
 
Baca juga: Dua orang tenggelam, Basarnas Ternate sisir Perairan Laiwui

Baca juga: Basarnas cari korban tenggelam di selat Capalulu

 

Pewarta : Abdul Fatah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar