PLN pasok listrik pembangunan jalur kereta api trans Sulawesi

id PLN UP3 Parepare, kereta api trans sulawesi

PLN pasok listrik pembangunan jalur kereta api trans Sulawesi

Ilustrasi - Gambar rel kereta api trans Sulawesi yang saat ini tengah disuplay kelistrikan oleh PLN. ANTARA/HO-Humas PLN Sulselrabar.

Makassar (ANTARA) - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Parepare telah memasok lima section pada pembangunan jalur Kereta Api Trans Sulawesi Makassar-Parepare melalui pemasangan baru dengan total daya 293,2 kVA di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Manajer PLN UP3 Parepare Ambo Tuwo melalui keterangannya di Makassar, Rabu, mengaku langkah ini merupakan wujud dukungan PLN terhadap percepatan Infrastruktur Nasional. Maka Ambo menyampaikan rasa syukur karena PLN dapat berkontribusi dalam melayani kebutuhan listrik di lima stasiun pada pembangunan jalur Kereta Api Trans Sulawesi Makassar-Parepare.

"Alhamdulillah PLN berhasil melayani kebutuhan listrik kelima stasiun di Kabupaten Barru, kami berharap dengan adanya pasokan listrik ini dapat mendukung percepatan pembangunan Infrastruktur Kereta Api yang akan beroperasi di tahun 2021," urai Ambo.

Lima stasiun yang telah dilistriki PLN di antaranya Stasiun KA Barru Kota, Stasiun KA Takkalasi, Stasiun KA Mangkoso, Stasiun KA Palanro, dan Stasiun KA Tanete Rilau.

Total jaringan yang telah terbangun adalah sepanjang 1,57 kms Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dan 4,1 kms Jaringan Tegangan Rendah (JTR) terbentang serta PLN memasang 5 buah trafo dengan total daya 400 kVA untuk mendukung Pembangunan Jalur KA Trans Sulawesi Makassar-Parepare.

Petugas Teknis Pembangunan KA Pangkep - Barru Sugiyamto mengucapkan terimakasih atas layanan penyambungan baru jaringan kelistrikan pada bangunan stasiun, rumah persinyalan, dan rumah/tower proyek KA Trans Sulawesi Makassar-Parepare.

"Kami sangat terbantu dengan layanan PLN yang menyelesaikan tugasnya lebih cepat dari target yang ditentukan," katanya.

"PLN juga merespon baik akan kebutuhan listrik kami dan kami sangat terbantu dengan teralirinya listrik di stasiun yang kami bangun," tambah Sugiyamto.

Dengan rampungnya pemasangan baru listrik ke lima stasiun tersebut, maka tersisa Stasiun Garongkong yang saat ini masih dalam pembangunan fisik untuk selanjutnya akan dialiri listrik PLN.

PLN berharap agar ke depannya investor tidak ragu untuk berinvestasi dan berkomitmen dalam melayani serta mendukung kebutuhan listrik ke pelanggan.
 

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar