Dibuka daring, pendaftaran vaksinasi COVID-19 untuk lansia

id vaksinasi lansia,covid-19

Dibuka daring, pendaftaran vaksinasi COVID-19 untuk lansia

lustrasi - Vaksinasi tenaga kesehatan lansia di Tanjungpinang, Kepri. (ANTARA/Ogen)

Jakarta (ANTARA) - Pendaftaran vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat lansia sudah dibuka secara daring dengan mendaftarkan diri melalui tautan di laman resmi Kementerian Kesehatan serta Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers yang dipantau secara daring di Jakarta, Jumat, mengatakan tautan pada laman resmi Kementerian Kesehatan di www.kemkes.go.id dan laman resmi KPC-PEN di www.covid19.go.id sekaligus menggantikan tautan yang sempat tersebar di aplikasi pesan singkat WhatsApp.

Kementerian Kesehatan memastikan keamanan data masyarakat yang melakukan pendaftaran dalam program vaksinasi COVID-19 untuk lansia dengan data yang akan tersimpan di Dinas Kesehatan provinsi masing-masing peserta.

"Tautan yang tersedia sekaligus akan memperbarui tautan yang ada di masyarakat sejak tadi pagi. Dengan adanya tautan yang baru, tautan yang sudah beredar tidak dapat digunakan lagi. Bagi masyarakat lansia yg sudah mengisi tautan tersebut, tidak perlu khawatir, kami pastikan data dijamin aman tersimpan di Dinas Kesehatan provinsi di tempat peserta tinggal," kata dia.

Baca juga: Pemerintah distribusikan 7 juta dosis vaksin COVID-19 untuk lansia

Bagi masyarakat lansia yang sudah mendaftarkan diri dengan mengisi data melalui tautan yang tersebar di media sosial tersebut, tidak perlu lagi mengisi data pada tautan di laman resmi Kementerian Kesehatan maupun KPC-PEN.

Setelah masyarakat melakukan pendaftaran, selanjutnya Dinas Kesehatan provinsi masing-masing peserta akan menghubungi kembali untuk menginformasikan jadwal dan tempat pelaksanaan vaksinasi.

Nadia menyebut saat ini Dinas Kesehatan provinsi sedang melakukan pendataan dari pendaftaran program vaksinasi lansia.

Dia memperkirakan Dinas Kesehatan akan menghubungi masyarakat lansia mulai pekan depan untuk pelaksanaan vaksinasi yang akan dilakukan pada Rabu atau Kamis.

Pemerintah menargetkan untuk memvaksinasi 21,5 juta lansia di seluruh Indonesia untuk memberikan perlindungan dari penularan virus SARS CoV 2 penyebab penyakit COVID-19.

Saat ini pemerintah mengirimkan tujuh juta vaksin COVID-19 untuk program vaksinasi COVID-19 lansia di 33 provinsi di Indonesia.

Baca juga: Menkes sebut Wapres contoh baik lansia yang mau divaksin
Baca juga: Sebanyak 21 juta lansia dapatkan vaksinasi mulai pertengahan Februari

Pewarta : Aditya Ramadhan
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar