Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung Priok memulai vaksinasi virus corona (COVID-19) untuk warga lanjut usia (lansia) di Jakarta Utara, Sabtu.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung Priok dr Balqis Rahmah mengatakan pencanangan vaksinasi bagi lansia ini digelar selama dua hari, pada Sabtu (20/2) dan Minggu (21/2). Setiap harinya akan ada sebanyak 50 peserta vaksin yang berusia 60 tahun ke atas.

"Jadi hari ini kita mulai dengan pencanangan vaksinasi lansia di atas usia 60 tahun. Vaksinasi ini digelar selama dua hari mulai Pukul 08.00-14.00 WIB," kata Balqis.

Sejak dibuka pukul 08.00 WIB, sebanyak 10 lansia telah terdata pada meja registrasi. Usai divaksin, para lansia itu diberikan alat mandi dan cuci. Petugas kesehatan tetap menyosialisasikan agar para lansia tetap mematuhi protokol kesehatan meski telah menerima vaksinasi.

Baca juga: Dinkes: 4.500 warga lanjut usia siap ikuti vaksinasi di Jakarta Utara
Baca juga: 13 ribu tenaga kesehatan Jakarta Utara segera divaksin


Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara Yudi Dimyati menyatakan sebanyak 4.500 warga lanjut usia (Lansia) siapa diberikan vaksinasi COVID-19.

Pencanangan vaksinasi untuk lansia di Jakarta Utara dilakukan untuk dua rumah sakit, yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tugu Koja dan RSUD Tanjung Priok pada Sabtu (20/2) dan Minggu (21/2).

Yudi menjelaskan masing-masing RSUD memberikan vaksin kepada 100 orang lansia, yang dibagi untuk 50 lansia per hari. Selanjutnya pada Senin (22/2), vaksinasi untuk lansia dilakukan secara masif untuk enam Puskesmas tingkat kecamatan dan empat RSUD di Jakarta Utara.

Pewarta: Fauzi
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021