Soal lingkungan hidup menjadi bahasan utama oleh Megawati dalam setiap pengaderan.
Jakarta (ANTARA) -
Tiga orang yang pernah menjadi Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan sejak 2005 hingga saat ini menyebutkan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri selalu berbicara mengenai politik hijau yang bertujuan menjaga lingkungan alam dan lingkungan hidup Indonesia.
 
Sekretaris Jenderal DPP PDIP periode 2005—2010 Pramono Anung Wibowo di Jakarta, Sabtu, mengatakan bahwa Megawati yang menjadi kunci soal politik hijau yang bertujuan menjaga lingkungan alam dan lingkungan hidup Indonesia.
 
"Jadi, jarang sekali seorang tokoh sekaligus ketua umum partai kemudian pernah menjadi presiden, menjadi wakil presiden, yang begitu cinta akan tanaman dan cinta akan alam dan lingkungannya," kata Pramono.

Ketika partai-partai belum memiliki badan penanggulangan bencana,​ kata ​​​​​​Pramono Anung, PDI Perjuangan partai politik pertama yang memilikinya.
 
"Ibu Megalah yang pertama kali, mencanangkan, membentuk Baguna. Baru setelah itu partai lain mengikuti," kata Pramono.

Baca juga: Megawati ajak kader PDIP wujudkan politik hijau
 
Dari pengalamannya bersama Megawati, Pram mengaku kecintaan pada lingkungan itu tampaknya karena Megawati ditempa langsung oleh ayahandanya, Bung Karno. Sikap cinta lingkungan itulah yang diterjemahkan dalam politik hijau di PDIP.
 
"Tidak banyak partai politik menginisiasi menanam pohon, membersihkan sungai, kemudian hal-hal yang berkaitan dengan penghijauan. Ibu Mega bukan hanya mengerti, melainkan benar-benar memahami," ujar Pram.

Salah satu perwujudan politik hijau di PDIP, kata dia, adalah mengedukasi calon pemimpin bangsa untuk menyayangi alam lingkungan. Megawati juga mengajarkan itu langsung kepada pemimpin-pemimpin muda yang maju di pilkada.
 
"Menurut saya apa yang dilakukan oleh Ibu Mega merupakan lokomotif politik baru, politik yang tidak sekadar menjual gagasan, menjual mimpi, tetapi juga politik yang berkaitan dengan alam dan lingkungan," kata Pram yang juga Sekretaris Kabinet RI itu.

Baca juga: Mega: PDIP-NU beriringan mampu atasi segala ancaman kebangsaan
 
Sekretaris Jenderal DPP PDIP periode 2010—2015 Tjahjo Kumolo mengaku intensif berkomunikasi dengan Megawati sejak 1997. Sejak awal, soal lingkungan hidup menjadi bahasan utama oleh Megawati dalam setiap pengaderan.
 
Dalam aktivitas sehari-hari seperti saat makan sekalipun, kata Tjahjo, Megawati selalu menyelipkan diskusi soal lingkungan hidup.
 
"Hal-hal yang menjadi contoh alam yang menjadi bagian yang dipikirkan Ibu Mega dalam konteks lingkungan hidup," katanya.
 
Seperti, masalah bagaimana sungai tidak tercemar, membangun kebun raya sekecil apa pun, kemudian menginventarisasi tanaman langka, dibuat obat, dibuat jamu.
 
"Inilah yang saya kira, tidak ada seorang presiden yang saya kira memberi perhatian khusus kepada lingkungan hidup sebanyak Ibu Mega," kata Tjahjo.

Baca juga: Peringati HUT PDIP, Megawati ajak kader bersihkan sungai
 
Sekretaris Jenderal DPP PDIP 2015 hingga saat ini, Hasto Kristiyanto, menambahkan bahwa Megawati pada intinya selalu mendorong kader partainya tidak sekadar berpolitik di pemilihan umum, tetapi berpolitik yang merawat alam raya.
 
"Ini merupakan suatu hal yang unik bagaimana partai tidak hanya berbicara persoalan kekuasaan, tetapi bagaimana merawat seluruh alam raya," kata Hasto.

Dalam kehidupan sehari-hari di partainya, lanjut dia, ada kebijakan sama sekali tidak menggunakan atau minimal mengurangi penggunaan plastik.
 
Saat kongres partai, kebijakan ini diwujudkan dengan ribuan peserta yang hadir memegang tumbler tempat minum masing-masing.
 
Kantor partai juga dibangun memakai konsep green building. Namun, yang paling fenomenal adalah bagaimana partai mengukur kinerja kepala daerahnya dengan indikator keberhasilan melaksanakan penghijauan.

Baca juga: Presiden puji gerakan tanam pohon oleh kader PDIP se-Indonesia
 
"Seluruh kepala daerah diukur, ini ada aturan partainya, diukur prestasinya dari gerakan penghijauan, dari politik tata ruang, dari seberapa banyak sudah menyelamatkan mata air," kata Hasto.
 
Ia mengatakan bahwa menjaga lingkungan ini sudah menjadi bagian dari kultur yang dibangun partai politik PDI Perjuangan.
 
"Bahkan, Pak Jokowi, sebelum menjadi presiden pun dahulu diajak Ibu Mega untuk menanam pohon di Sungai Ciliwung," kata Hasto.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021