KBRI Mexico, Pemprov Sulut rapat koordinasi terkait promosi ekonomi

id KBRI Mexico City,Pemprov Sulut,rapat koordinasi,promosi ekonomi,Duta Besar RI, Cheppy T. Wartono

KBRI Mexico, Pemprov Sulut rapat koordinasi terkait promosi ekonomi

KBRI Mexico City selenggarakan rapat koordinasi pada Rabu (24/2) dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) secara virtual untuk menggali potensi provinsi tersebut agar dapat dipromosikan di Meksiko. (Antara / Dokumentasi KBRI Mexico City)

Jakarta (ANTARA) - KBRI Mexico City selenggarakan rapat koordinasi pada Rabu (24/2) dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) secara virtual untuk menggali potensi provinsi tersebut agar dapat dipromosikan di Meksiko.

Rapat dipimpin oleh Duta Besar RI, Cheppy T. Wartono dan Henry R.W Kaitjily, Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Sulut, berdasarkan keterangan dari KBRI Mexico City yang diterima di Jakarta, Jumat.

Rapat membahas potensi-potensi Sulawesi Utara untuk dapat menjalin kerjasama di bidang ekonomi, pariwisata, pendidikan, kebudayaan dan juga kerjasama sister province dengan Meksiko.

Ekspor kelapa, ikan beku, spices, kayu, budidaya udang merupakan beberapa potensi di bidang ekonomi yang dimiliki Sulut untuk dapat ditindaklanjuti oleh KBRI Mexico City.

“Tidak hanya itu, Sulawesi Utara ini juga mempunyai potensi yang besar di bidang pariwisata. Pariwisata Sulut perlu dipromosikan di Meksiko dan juga sekaligus disambungkan dengan investor sektor pariwisata dari Meksiko. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata Likupang saat ini sedang dikembangkan untuk menjaga konservasi lingkungan dan menunggu investor”, ujar Henry yang membahas salah satu potensi pariwisatanya.

Menanggapi paparan tersebut, Dubes Cheppy menjawab, “Meksiko juga terkenal di bidang pariwisatanya, salah satu daerah yang terkenal dengan wisatanya yaitu Cancun. Beberapa waktu lalu kami telah sambungkan Sulawesi Utara dengan investor dari Meksiko, tapi belum diinfokan ke kami bagaimana perkembangannya. Saya pikir, Cancun yang terletak di negara bagian Quintanaroo dapat menjadi partner Sulut dalam menjalin kerjasama Sister Province juga”.

Potensi kerjasama pendidikan antara universitas di Sulut dengan salah satu universitas di Quintanaro turut dibahas dalam rapat tersebut.

Selain itu, kemiripan budaya di Sulawesi Utara dan di Meksiko juga disinggung, yaitu kemiripan alat musik kolintang di Sulut dan alat musik marimba di Meksiko.

“Kami akan senang sekali apabila Sulut dapat mengirimkan kolintang untuk KBRI Mexico City dan juga pengajarnya. Itu merupakan salah satu promosi kita”, ujar Dubes Cheppy kepada semua peserta rapat.

Rapat menyepakati akan dibentuknya working group berdasarkan jenis bidang kerjasamanya.

Pertemuan secara virtual tersebut dihadiri oleh para pejabat Pemprov Sulut dari dinas yang antara lain menangani investasi, koperasi, pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata.

Praseno Hadi, Asisten 2 Gubernur Sulut juga turut hadir dalam rapat tersebut. Sementara dari KBRI Mexico City, selain Duta Besar RI dihadiri juga oleh Fungsi Ekonomi, Pensosbud dan Politik.

Baca juga: KBRI, ITPC Mexico City fasilitasi kerja sama bisnis Indonesia-Meksiko

Baca juga: Dorong perdagangan, KBRI Mexico City selenggarakan rangkaian kegiatan

Baca juga: Dubes Cheppy pertemukan Pengusaha Indonesia dengan Meksiko

 

 


Pewarta : Azis Kurmala
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar