Makassar (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman (ASS) ucapkan Innalilahi Wa Innailaihi Rojiun menanggapi penunjukkan dirinya sebagai Plt Gubernur Sulsel setelah Nurdin Abdullah resmi berstatus tersangka oleh KPK.

Andi Sudirman dalam keterangannya di Makassar, Minggu, mengatakan Ia hanya bersifat sementara untuk mengisi kekosongan karena sistem roda pemerintahan dan pelayanan harus tetap berjalan.

"Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, tentu amanah dari Allah ini sebagai ujian dan setiap orang diantara kita akan diuji," ujarnya.

Ia dalam kesempatan ini juga meminta dukungan seluruh ASN dan forkopimda untuk menjaga sinergitas dengan masyarakat.

Baca juga: KPK tetapkan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah sebagai tersangka

"Saya berdoa semoga turunnya amanah ini bersama Inayah dan Taufiq-Nya. Kami berharap dukungan semua dalam bekerja yang sinergi demi masyarkat banyak," ujarnya.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menunjuk Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur per 28 Februari 2021.

Hal itu merujuk pada pasal 65 Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah (Pemda).Dimana ketika Gubernur tidak bisa melaksanakan tugas-tugasnya, maka akan digantikan seorang pelaksana tugas (Plt) yang sebelumnya sebagai wakil Gubernur.

Baca juga: KPK menahan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan dua tersangka lain

Baca juga: Jubir: Keluarga Nurdin Abdullah siap dimintai keterangan dukung KPK

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021