Kampung Tangguh Villa Inti Persada Pamulang sisakan enam kasus

id polda metro jaya,kampung tangguh,Kampung tangguh,COVID-19

Kampung Tangguh Villa Inti Persada Pamulang sisakan enam kasus

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (kedua kanan) menggelar inspeksi di KTJ RW 19 Villa Inti Persada, Pamulang, Tangerang Selatan, Minggu (7/3/2021). ANTARA/HO-Polda Metro Jaya

Jakarta (ANTARA) - Kampung Tangguh Jaya (KTJ) di RW 19 Villa Inti Persada, Pamulang, Tangerang Selatan, sukses menekan kasus positif COVID-19 di lingkungan tersebut dari awalnya berjumlah 66 orang  tersisa 6 orang pada pada Ahad (7/3).

Data tersebut diungkap oleh Ketua RW 19 Villa Inti Persada, Ecep Suwardaniyasa saat mendampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menggelar inspeksi di KTJ RW 19 Villa Inti Persada.

"Jumlah total yang terinfeksi Covid-19 ada 66 orang, dengan kebersamaan dan gotong royong yang kita lakukan mampu dengan cepat menekan dan sekarang tinggal 6 orang menuju sembuh," kata Ecep di Villa Inti Persada, Tangerang Selatan.

Fadil mengungkapkan ada banyak kegiatan rutin yang dilakukan warga sekitar untuk menekan penyebaran COVID-19 di wilayah ini. Salah satunya adalah dengan penerapan "Testing, Tracing dan Treatment" (3T) secara mandiri.

"Tadi ada swab antigen mandiri. Jadi seluruh penghuni RW 19 akan dilaksanakan swab antigen. Kalau ada yang positif akan diadakan isolasi mandiri atau dilanjutkan perawatan jika diperlukan. Ini cara paling efektif dalam memutuskan mata rantai COVID-19. Dari masyarakat oleh masyarakat untuk masyarakat didukung pemerintah," kata Kapolda.

Kemudian warga yang mempunyai latar belakang di bidang kesehatan akan diberi pelatihan untuk menjadi tester sekaligus relawan testing untuk mendeteksi sedini mungkin penyebaran COVID-19.

Baca juga: Kampung Tangguh Bojong Gede Depok tekan COVID-19 sisakan satu kasus
Baca juga: Asrama Tangguh Polresta Bandara Soetta sisakan satu kasus COVID-19
Warga mencuci tangan pada fasilitas yang disediakan di Kampung Tangguh Jaya RW 9, Johar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu (30/1/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww. 
Tidak hanya untuk bidang kesehatan, Kampung Tangguh Jaya juga mempunyai program ketahanan pangan untuk masyarakat di lingkungan tersebut.

"Lalu ada Tangguh di bidang ekonomi, tadi budidaya tanaman obat, tanaman rempah-rempah kebutuhan rumah tangga seperti cabai, ada pisang ada jahe dan cukup memberikan optimisme. Disamping itu dibuat budidaya ternak lele," katanya.

Di KTJ Villa Inti Persada ini juga disediakan perpustakaan keliling dan ruang belajar bagi anak-anak yang ingin belajar di tengah pandemi COVID-19.

"Yang paling menjadi ciri khas setiap pintu masuk sudah ada imbauan-imbauan taat patuh terhadap protokol kesehatan. Semoga ini bisa berkembang," katanya.

Ada 1.500 KK di sini mudah-mudahan ini bisa dijaga untuk mencegah timbulnya risiko yang cukup berat. "Semoga ikhtiar ini bisa membuahkan hasil," ungkap Fadil.

Kampung Tangguh Jaya adalah program yang dicanangkan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Fadil Imran untuk menekan angka penyebaran
 COVID-19 di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Kampung Tangguh Jaya dibentuk di semua zona merah penyebaran virus COVID-19 yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar