Sistem satu arah situasional diberlakukan di jalur Puncak

id Jalur puncak, kabupaten bogor, jawa barat

Sistem satu arah situasional diberlakukan di jalur Puncak

Kondisi lalu lintas di Jalur Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/3/2021). ANTARA/M Fikri Setiawan.

Ciawi, Bogor (ANTARA) - Polres Bogor, Polda Jawa Barat memberlakukan sistem satu arah secara situasional di jalur Puncak, Bogor, selama libur panjang Isra Mikraj.

"Rekayasa satu arah (one way) belum kita terapkan. Tapi kita melihat kondisi di lapangan, jadi 'one way' sifatnya situasional," ungkap Kasatlantas Polres Bogor, Iptu Diky Pranata

Menurutnya, sistem satu arah akan diterapkan ketika jalur penghubung antara Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur itu terpantau padat.

Hal itu berbeda dengan setiap akhir pekan biasanya yang pemberlakuannya teragenda, yakni pagi hari mengarah ke atas dan sore mengarah ke bawah.

Baca juga: Solusi macet, Pemkab Cianjur lanjutkan pembangunan jalur Puncak II

Hingga siang hari, Jalur Puncak terpantau ramai lancar. Adapun antrean kendaraan terjadi di sekitar Megamendung, khususnya bagi yang mengarah ke atas.

Kendaraan di wilayah selatan Kabupaten Bogor itu didominasi oleh wisatawan asal Jakarta. Tapi, 280 kendaraan di antaranya sudah diminta putar balik oleh Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor karena tak bisa menunjukkan surat keterangan negatif hasil tes usap antigen.

"Yang terjaring ada 280 kendaraan dan sebagian besar plat B di hari pertama libur kali ini," ungkap Sekretaris Satpol PP Kabupaten Bogor, Iman Wahyu Budiana usai operasi di Simpang Gadog, Ciawi, Bogor.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro pada 9-22 Maret 2021. Aturan tersebut ia tuangkan dalam Keputusan Bupati (Kepbup) Bogor bernomor 443/202/Kpts/Per-UU/2021 tentang PPKM berskala mikro.

Baca juga: Satgas COVID-19 Bogor putar balik 280 kendaraan di Jalur Puncak


Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar