Gol perdana Odegaard warnai kemenangan Arsenal di markas Olympiakos

id liga europa,arsenal,olympiakos,martin odegaard,gabriel magalhaes,mohamed elneny

Gol perdana Odegaard warnai kemenangan Arsenal di markas Olympiakos

Gelandang serang Arsenal Martin Odegaard (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol pertama timnya ke gawang Olympiakos dalam leg pertama 16 besar Liga Europa di Stadion Georgios Karaiskakis, Piraeus, Yunani, Kamis (11/3/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Alkis Konstantinidis)

Jakarta (ANTARA) - Gol perdana Martin Odegaard bersama Arsenal mewarnai kemenangan 3-1 yang dibukukan The Gunners di markas Olympiakos dalam leg pertama 16 besar Liga Europa di Stadion Georgios Karaiskakis, Piraeus, Yunani, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Gol itu sempat dibalas Olympiakos melalui Youssef El-Arabi, tetapi Gabriel Magalhaes dan Mohamed Elneney mampu mengunci kemenangan Arsenal, demikian catatan laman resmi UEFA.

Odegaard sebetulnya memperoleh peluang untuk mencetak gol lebih awal pada saat laga belum genap berusia tiga menit saat ia menerima umpan tarik kiriman Kieran Tierney, tetapi tembakan penyelesaian pemain pinjaman dari Real Madrid itu melenceng jauh dari sasaran.

Empat menit kemudian, peluang bagus Arsenal lainnya terbuang ketika sundulan tajam Pierre-Emerick Aubameyang bisa diantisipasi oleh kiper Jose Sa yang mementahkan bola ke mistar gawang.

Baca juga: Mikel Arteta isyaratkan ingin permanenkan Martin Odegaard di Arsenal

Setelah lima peluang lain berlalu, Arsenal akhirnya membuka keunggulan lewat gol perdana Odegaard bersama klub London itu saat ia melepaskan tembakan jarak jauh, yang seharusnya bisa diantisipasi dengan baik oleh Sa pada menit ke-35.

Tiga menit kemudian, Sa dipaksa berlari cepat kembali ke gawangnya untuk mengamankan bola tembakan Willian yang melambung karena membentur salah satu bek Olympiakos.

Wanti-wanti Mikel Arteta agar Arsenal tidak melakukan kesalahan rupanya tidak bisa ditaati oleh para pemainnya, sebab pada menit ke-58 kiper Bernd Leno mengirim umpan buruk kepada Dani Ceballos yang berada di bawah kawalan pemain Olympiakos.

Bola direbut oleh El-Arabi yang segera menyelesaikannya dengan tembakan melengkung jauh dari jangkauan Leno ke pojok kanan bawah gawang demi membuat kedudukan imbang.

Baca juga: Arteta tak mau Arsenal lakukan kesalahan saat lawan Olympiakos

Olympiakos bahkan hampir berbalik memimpin ketika umpan tarik Lazar Randjelovic diselesaikan oleh El-Arabi, tetapi Bellerin pasang badan untuk menghalau bola.

Arsenal akhirnya mampu merestorasi keunggulan mereka pada menit ke-79 memanfaatkan situasi sepak pojok, ketika umpan silang Willian mampu disambut tandukan menyilang Gabriel ke area tiang jauh.

Lantas enam menit kemudian kemenangan Arsenal dilengkapi jadi 3-1 oleh Elneney yang melepaskan tembakan keras, yang bisa ditepis oleh Sa, tetapi bola memantul ke tiang sebelum bersarang ke dalam gawang.

Arsenal selanjutnya dijadwalkan menjamu Olympiakos di Emirates untuk leg kedua di Emirates pekan depan dan praktis cuma butuh hasil imbang untuk melempangkan jalan ke perempat final.

Baca juga: Harry Kane antar Tottenham tundukkan Dinamo Zagreb di leg pertama
Baca juga: Gol larut Simon Kjaer hindarkan Milan dari kekalahan di Old Trafford
Baca juga: Duo bek tengah antar Villarreal menang di markas Dynamo Kiev

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar