Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Anggota DPD RI Daerah Pemilihan Kalimantan Barat Erlinawati mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung dan menyukseskan vaksinasi dalam upaya menanggulangi pandemi COVID-19.
 
"Vaksinasi akan dilakukan kepada lapisan masyarakat sebagai upaya pemerintah memutuskan rantai sebaran COVID-19, oleh karena itu mesti kita dukung dan sukseskan program vaksinasi, demi kebaikan dan keselamatan kita semua," kata dia ketika menghubungi ANTARA, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, usai menjalani vaksinasi di DPD RI, Senin.
 
Dia mengatakan vaksinasi itu salah satu upaya memerangi sebaran COVID-19, namun protokol kesehatan mesti terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
 
"Jadi meski pun sudah divaksin, masyarakat harus tetap menaati protokol kesehatan dengan cara rajin-rajin mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, serta menghindari tempat keramaian secara disiplin," kata Erlinawati yang merupakan istri Bupati Kapuas Hulu periode 2010-2020 itu.
 
Menurut dia, saat ini keinginan masyarakat untuk ikut vaksin begitu tinggi, hal itu terlihat di berbagai tempat di Indonesia di mana tempat vaksinasi selalu penuh dengan antrean orang.

Baca juga: Anggota DPD: Mahasiswa jadi sukarelawan pendidikan di tengah pandemi
 
Perempuan yang pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Kapuas Hulu itu, juga mengapresiasi upaya pemerintah dalam menanggulangi COVID-19.
 
Saat negara lain masih sibuk untuk mendapatkan jatah vaksin, katanya, pemerintah harus mempercepat pelaksanaan vaksinasi dengan tetap memperhatikan standar vaksinasi dan untuk mencegah kedaluwarsa vaksin.
 
"Jangan sampai perjuangan panjang dan melelahkan melawan wabah ini menjadi sia-sia, karena kelambanan kita melakukan vaksin," ucap Erlinawati yang juga Ketua BKOW Kalimantan Barat itu.
 
Ia juga meminta kalangan dunia pendidikan, seperti guru dan dosen, pelaku pariwisata dan UMKM, atlet serta bidang lainnya khususnya di Kalimantan Barat mendapatkan prioritas untuk divaksin.
 
"Guru dan dosen, atlet, pelaku pariwisata dan UMKM adalah mereka yang rentan akan penyebaran COVID-19 karena mereka berada atau berhadapan langsung dengan masyarakat lainnya serta bagian dari masyarakat yang terdampak," kata senator Komite III DPD RI itu.

Baca juga: Anggota DPD Hasan Basri terpapar COVID-19 di Mesir
Baca juga: Anggota DPD tinjau penerapan prokes Pilkada wilayah perbatasan

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021