Untuk teman-teman pekerja swasta, informal khususnya pekerja mandiri, kami akan membuka kesempatan untuk menjadi penabung
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengelola (BP) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) berencana membuka program penabung non-ASN yang bisa diikuti oleh pekerja swasta, informal, dan mandiri, pada semester II tahun ini.

"Untuk teman-teman pekerja swasta, informal khususnya pekerja mandiri, kami akan membuka kesempatan untuk menjadi penabung. Mungkin pada semester kedua (tahun ini), kami akan mulai membuka program penabung non-ASN," ujar Komisioner BP Tapera Adi Setianto dalam seminar daring di Jakarta, Kamis.

Menurut Adi, melalui program itu maka para pekerja non-ASN bisa menjadi peserta BP Tapera, kemudian setelah satu tahun menjadi penabung dilihat track record-nya, lalu prioritasnya ada, dan nanti pada tahun berikutnya baru mulai bisa dilayani oleh BP Tapera.

Baca juga: BP Tapera cairkan dana Taperum milik 367.740 pensiunan PNS

"Sesuai dengan undang-undang, tugas BP Tapera adalah menghimpun tabungan dari pekerja, baik yang berpenghasilan tetap maupun tidak tetap (non-fixed income)," katanya.

BP Tapera sendiri memiliki peta jalan,  kata dia, kebetulan saat ini pekerja yang menjadi peserta BP Tapera pertama adalah para ASN yang merupakan peserta eks Tabungan Perumahan (Taperum).

"Memang di tahun ini kami fokus melayani ASN, karena rekan-rekan ASN ini menabungnya sudah lama sehingga kami kelola dananya dan kami berikan fasilitas kepada ASN," kata Komisioner BP Tapera tersebut.

Baca juga: BP Tapera akan salurkan pembiayaan bagi 51.000 unit rumah tahun ini

Baca juga: BP Tapera kombinasikan simpanan dan investasi kelola dana peserta


 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021