Jakarta (ANTARA) - Gol semata wayang yang dicetak Serge Gnabry memenangkan tim nasional Jerman dalam lawatan ke Rumania dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup J yang berakhir dengan skor 1-0 di Stadion National Arena, Bucharest, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Gnabry mencetak golnya pada menit ke-16 dengan sontekan mudah, menyelesaikan umpan tarik matang kiriman Kai Havertz di muka gawang tuan rumah, demikian catatan laman resmi UEFA.

Tiga menit sebelumnya, Rumania sebetulnya punya peluang bagus yang dihasilkan umpan silang terukur kiriman Vlad Chiriches, tetapi tembakan sentuhan pertama Valentin Mihalia masih melenceng dari sasaran.

Baca juga: Ilkay Gundogan antar Jerman lumat Islandia 3-0

Empat menit selepas gol pembuka keunggulan Jerman, Joshua Kimmich melepaskan tembakan voli yang masih membentur mistar gawang dan bola muntah yang berusaha disambar Gnabry berhasil dihalau oleh kiper Florian Nita.

Skor 1-0 tak mampu ditambah oleh Jerman kendati mereka tampil begitu dominan sepanjang laga dan melepaskan tak kurang dari 18 percobaan tembakan yang sembilan di antaranya menemui sasaran.

Kendati demikian, raihan tiga poin cukup untuk membawa tim besutan Joachim Loew mengamankan posisi mereka di puncak klasemen dengan koleksi enam poin.

Baca juga: FIFA tak hukum Jerman karena protes HAM terhadap Qatar

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Tose Proeski Arena, Makedonia Utara melumat tamunya Liechtenstein dengan skor telak 5-0,  diwarnai dwigol Aleksandar Trajkovski serta torehan satu gol dan satu assist yang dibukukan Ilija Nestorovski.

Makedonia Utara naik ke posisi ketiga dengan raihan tiga poin, menggusur Rumania (3) yang turun ke urutan keempat.

Sementara itu, laga lain yang dimainkan lebih awal di Stadion Vazgen Sargsyan Republican, tuan rumah Armenia berhasil membekuk Islandia 2-0 berkat gol-gol Tigran Barseghyan dan Khoren Bayramyan.

Armenia kini menempati peringkat kedua dengan catatan enam poin penuh.

Rangkaian pertandingan ketiga Grup J akan dimainkan pada Rabu (31/3) saat Armenia menjamu Rumania, Jerman menghadapi Makedonia Utara dan Islandia melawat ke Liechtenstein.

Baca juga: Spanyol taklukkan Georgia berkat gol menit terakhir
Baca juga: Inggris raih tiga poin setelah tekuk Albania 2-0
Baca juga: Denmark pesta delapan gol tanpa balas kontra Moldova

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021