BPBD Bandung inventaris dampak angin puting beliung Cimenyan

id angin puting beliung,cimenyan,bpbd,kabupaten bandung,inventarisir

BPBD Bandung inventaris dampak angin puting beliung Cimenyan

Foto udara permukiman yang rusak pascaangin puting beliung yang melanda Desa Mekar Saluyu, Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (29/3/2021). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mencatat, sebanyak 298 rumah, satu kantor desa, satu masjid, dua sekolah dan lahan pertanian di dua desa terdampak bencana angin puting beliung yang terjadi pada Minggu (28/3) petang. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp/pri.

Bandung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung menyatakan masih menginventarisasi dampak dari adanya peristiwa angin puting beliung di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Dampak angin puting beliung itu cukup besar sebanyak tiga desa yang terdampak dari fenomena alam tersebut. Dari laporan di lapangan terdapat tiga desa di Kecamatan Cimenyan, Desa Mekarsaluyu, Desa ciburial, dan Desa Cimenyan itu sendiri," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Akhmad Johara, di Bandung Jawa Barat Senin

Adapun sejauh ini tercatat ada 159 rumah yang terdampak di Desa Mekarsaluyu, dan 139 rumah terdampak di Desa Cimenyan. Pihaknya pun masih mendata kerusakan lainnya yang masih belum terdata.

Setelah diinventarisasi, menurutnya pihak BPBD akan menaksir jumlah kerugian yang dialami oleh warga. Dia berharap Pemerintah Kabupaten Bandung bisa mengeluarkan penggantian setelah diajukan oleh BPBD.

"Nanti kita akan ajukan mudah-mudahan dapat penggantian dari Pemkab Bandung," katanya.

Peristiwa itu sendiri terjadi pada Minggu (28/3) petang pada saat hujan badai melanda wilayah Bandung di kawasan utara. Sejumlah rumah masyarakat porak poranda akibat angin puting beliung itu.

Untuk itu, ia berharap masyarakat tetap bersiaga dalam menghadapi cuaca ekstrem yang dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi. Bencana itu di antaranya banjir, longsor, dan angin puting beliung.

Baca juga: Puluhan rumah di Cicalengka Bandung rusak diterpa angin kencang

Baca juga: Angin puting beliung terjadi di Situ Patenggang Kabupaten Bandung

Baca juga: 15 orang luka akibat puting beliung di Kabupaten Bandung

Pewarta : Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar