Surabaya (ANTARA) - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak berharap ke "Pemuda Wirausaha" (Perwira) mampu menciptakan pengusaha-pengusaha, khususnya di wilayah setempat sehingga bisa menjadi teladan serta inspirasi dalam kewirausahaan.

"'Perwira' adalah elemen dan komunitas pemuda yang menyelenggarakan proses inkubasi untuk menciptakan pengusaha muda," ujarnya di sela menjadi narasumber diskusi dalam rangka "Road Show Perwira Surabaya" di Surabaya, Rabu.

Menurut Emil, langkah "Perwira" sejalan dengan Pemprov Jatim yang ingin terus membangun ekosistem untuk mendukung generasi muda dalam menjawab realita dan masa depan.

Di antaranya, bonus demografi di Jatim ditambah perubahan lapangan pekerjaan membuat peluang kerja lebih banyak untuk berwirausaha.

Mantan Bupati Trenggalek tersebut menerangkan bahwa Pemprov Jatim mengembangkan Millenial Job Center (MJC) sehingga memberikan peluang bagi generasi muda untuk meningkatkan kemampuannya di era digital.

"Jatim ini daerah yang sangat padat butuh generasi muda yang bergerak di bidang kewirausahaan untuk menyerap banyak tenaga kerja ekonomi dan dibangun ekosistemnya lewat MJC," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia "Perwira" 2021 Nuryadi berharap komunitasnya mampu memberikan solusi kewirausahaan, khususnya di wilayah Jatim.

"Banyak anak muda yang tercebur sebagai pelaku usaha, tetapi tidak tahu mulai dari mana. Dengan 'Perwira' ini diharapkan jadi komunitas yang di dalamnya bisa ketemu advisor, mentor, dicarikan pasar, dicarikan modal, hingga diberikan arahan-arahan," tuturnya.

Baca juga: Ketua DPR ajak pengusaha muda pantang menyerah bantu pemulihan ekonomi
Baca juga: Hipmi bangga kadernya masuk jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju
Baca juga: Hipmi: UU Cipta Kerja bawa Indonesia keluar dari "middle income trap"

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021