Temanggung (ANTARA) - Sejumlah personel Kepolisian Resor Temanggung, Jawa Tengah, bersama aparat Kodim 0706/Temanggung melakukan sterilisasi gereja menjelang perayaan Paskah.

Kabag Ops Polres Temanggung Kompol Rachmad Efendi di Temanggung, Kamis, mengatakan untuk menjamin keamanan umat Nasrani menjelang pelaksanaan Paskah, anggota TNI dan Polri melakukan sterilisasi di setiap sudut gereja.

Baca juga: Ratusan personel gabungan TNI-Polri-Satpol PP jaga Katedral Jakarta

"Pengecekan kami dilakukan secara detail baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Koordinasi dengan pihak keamanan internal pun dilakukan secara intensif," katanya usai melakukan sterilisasi di Gereja Santo Paulus dan Petrus Temanggung.

Rachmad mengatakan pengecekan awal dilakukan hari ini, karena sorenya umat sudah menjalankan peribadatan.

"Kami lakukan sterilisasi karena sore ini umat sudah menjalankan peribadatan. Kami berikan rasa aman terhadap semua kegiatan yang berkaitan dengan Paskah. Mulai pintu masuk sampai di dalam ruangan kami jaga ketat. Kami akan menyisir tempat-tempat yang dianggap rawan dari pintu masuk sampai dalam gereja," katanya.

Romo Ibnu Fajar dari Gereja Santo Petrus dan Paulus mengapresiasi pengamanan dari aparat keamanan.

Ia mengaku tidak merasa takut karena telah mendapatkan jaminan keamanan dari kepolisian.

"Kami berterima kasih dan merasa tidak takut karena ditemani bapak-bapak dari kepolisian dan TNI, serta sahabat Ansor-Banser, kemudian Satpol PP. Kami tidak akan takut dalam beribadat, karena Tuhan akan senantiasa menyertai orang-orang yang beriman. Justru kami prihatin karena kemarin Markas Besar Kepolisian mendapat gangguan, kami doakan mereka supaya saling menjaga," katanya. 

Baca juga: 1.000 personel TNI-Polri dan Ormas amankan Paskah di Timika
Baca juga: 35 Gereja di Kudus mendapat penjagaan polisi selama perayaan Paskah

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021