Masuk Istiqlal dulu di depan pintu SMP 4
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian menjelaskan alur kendaraan roda empat bagi peserta ibadah tatap muka pada perayaan Hari Suci Paskah 2-4 April di Katedral Jakarta.

Kapolsek Sawah Besar AKP Maulana Mukarom di Jakarta, Kamis, menjelaskan umat yang membawa kendaraan roda empat diimbau untuk  parkir di Masjid Istiqlal melalui depan SMPN 4 Jakarta, tepatnya di Jalan Perwira, Jakarta Pusat.

Kemudian, kendaraan parkir di lantai dasar (basement) Masjid Istiqlal, untuk selanjutnya keluar melalui pintu Al Fattah yang letaknya berseberangan dengan pintu masuk Katedral.

"Masuk Istiqlal dulu di depan pintu SMP 4, kemudian parkir di basement Istiqlal baru keluar dari Pintu Al Fattah, kemudian masuk ke Pintu IV Katedral," kata Maulana.

Pengaturan seperti itu karena jalan utama menuju Katedral dari arah Gambir, maupun arah Lapangan Banteng ditutup karena adanya pembangunan Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral.

Baca juga: Ratusan personel gabungan TNI-Polri-Satpol PP jaga Katedral Jakarta

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau agar umat yang melakukan ibadah baik Kamis Putih, Jumat Agung hingga Paskah, dapat memperhatikan lalu lintas menuju Katedral.

Selain itu, Katedral juga menerapkan pembatasan ibadah tatap muka.

Umat juga dipastikan telah mendaftar secara daring (online) dan memiliki "barcode" akses masuk.

"Skema peserta ibadah Katedral semua melalui pendaftaran daring. Ada registrasi 'screening barcode'. Apabila tidak ada barcode, tidak boleh masuk," kata Maulana.

Sejauh ini, sebanyak 300 umat telah mendaftarkan diri untuk mengikuti ibadah tatap muka.

Baca juga: Ribuan personel disiapkan Pangdam Jaya untuk amankan Jumat Agung

Umat juga dapat mengikuti ibadah Misa Paskah melalui dua siaran langsung TV, yakni Kompas TV dan TVRI, serta kanal Youtube Komsos Katedram Jakarta dan Hidup TV.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021