Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memantau kesiapan pasukan TNI dan Polri yang bertugas melakukan pengamanan di sekitar Gereja Katedral Jakarta, Kamis malam.

Panglima TNI datang sekitar pukul 20.00 WIB didamping Kabagintelkam Mabes Polri Komjen polisi Paulus Waterpauw. Mereka disambut Uskup Keuskupan Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo.

Baca juga: Kapolri pastikan keamanan Malam Jumat Agung

Hadi menjelaskan kunjungan itu merupakan perintah Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kewaspadaan dan memberikan keyakinan serta rasa aman kepada masyarakat saat beraktivitas.

"Perintah presiden untuk memberikan rasa aman untuk beraktivitas ibadah maupun aktivitas sehari-hari," kata Hadi.

TNI dan Polri menempatkan kekuatan pengamanan di titik-titik terpilih se Indonesia, mulai malam hari ini, baik di gereja, di tempat-tempat keramaian, maupun di objek vital nasional.

"Malam ini saya mengecek kesiapan pasukan sekitar 5.590 orang yang tersebar di wilayah DKI Jakarta," kata Hadi.

Selain itu, intelejen TNI dan Polri terus berkoordinasi untuk melalukan deteksi dini dan mencegah terjadinya berbagai kemungkinan kerawanan yang akan terjadi.

Hadi berharap segala upaya yang dilakukan TNI dan Polri dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Sebelum kedatangan Panglima TNI, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurahman dan Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Fadil Imran juga mengunjungi gereja Katedral Jakarta.

Baca juga: TNI tingkatkan pengamanan objek vital nasional pascaserangan teroris

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021