Tangerang (ANTARA) - Menjelang bulan suci Ramadhan 1442 hijriah/tahun 2020, sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat, khususnya hasil pertanian di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, per pekan ini berangsur turun.

"Harga-harga sekarang sudah turun, seperti harga cabai setan dan sejenisnya sudah mulai stabil," kata salah satu pedagang bahan pokok di Pasar Sentiong, Balaraja, Suhandi (39) di Tangerang, Senin.

Ia merinci bahwa penurunan harga jual kebutuhan rumah tangga itu bervariasi, seperti harga cabai setan yang awalnya berkisar Rp150 ribu per kilogram (Kg), kini menurun menjadi Rp80 ribu per Kg nya.

Begitu juga dengan harga cabai rawit dari Rp60 ribu per Kg menjadi Rp55 ribu sampai Rp45 ribu per Kg. Sedangkan harga bawang merah turun menjadi Rp30 ribu yang semula Rp40 ribu per Kg nya.

Baca juga: Polresta Surakarta siapkan satgas cek harga sembako jelang Ramadhan

Baca juga: Jelang Ramadhan Disperindag Aceh antisipasi lonjakan harga


"Semua harga sudah stabil, hanya tinggal harga bawang putih saja yang masih tinggi, tadinya Rp24 ribu per Kg sekarang jadi Rp30 ribu," katanya.

Ia mengatakan dari pengalaman sebelumnya setiap mendekati bulan suci Ramadhan atau puasa harga-harga berbagai komoditas dari pemasok mulai naik. Namun, sampai saat ini harga tersebut berangsur stabil.

"Mungkin karena kemarin itu harga naik, tetapi sekarang sudah mulai pada turun. Kalau pasokan belum ada yang menginformasikan kelangkaan, masih aman kita," ujarnya.

Sementara itu, komoditas lainnya seperti daging merah masih terlihat normal, para pedagang di pasar tradisional menjualnya dengan harga kisaran Rp110 ribu sampai dengan Rp120 ribu per Kg.*

Baca juga: Gubernur Aceh ingatkan TPID kendalikan harga jelang Ramadhan

Baca juga: DKI yakin harga cabai bisa kembali normal saat Ramadhan 2021

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021