Stok pangan di Jakarta Pusat aman sampai Lebaran

id kelayakan pangan jakarta

Stok pangan di Jakarta Pusat aman sampai Lebaran

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma saat melakukan sidak kelayakan pangan di Hypermart Gajah Mada, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat. ANTARA/Mentari Dwi Gayati.

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma memastikan stok sejumlah bahan pangan pokok menjelang Ramadhan tahun ini dalam kondisi aman, bahkan hingga dua bulan ke depan.

"Hasil koordinasi terkait dari rapat pimpinan Gubernur, kita meyakinkan bahwa untuk stok itu masih aman dan terkendali," kata Dhany saat melakukan sidak kelayakan pangan di Hypermart Gajah Mada, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat.

Ada pun berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, stok sejumlah bahan pokok relatif aman hingga dua bulan ke depan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Provinsi DKI Jakarta Lia Imbasari merinci stok beras pada April-Mei terbilang cukup mencapai 456.716 ton, dengan perkiraan kebutuhan 215.182 ton.

Sementara itu, daging sapi mencapai 14.781 ton; daging ayam 54.399 ton; telur ayam 44.818 ton; cabai merah keriting 7.494 ton; rawit merah 5.467 ton; bawang putih 4.114 ton; bawang merah 15.683 ton; gula pasie 17.160 ton dan minyak goreng 39.046 ton.

"Stok beras dua bulan ke depan Insya Allah aman sebanyak 456.716 ton untuk bulan April sampai Mei," kata Lia.

Lia menjelaskan bahwa harga bahan pangan pokok di Jakarta juga cenderung stabil, meskipun harga cabai rawit keriting dan daging sapi mengalami kenaikan sekitar 2-5 persen.

Sementara itu, cabai rawit merah yang sebelumnya melonjak tinggi sejak awal tahun, kini mengalami penurunan harga dari rata-rata Rp129.000 per kg menjadi Rp85.000 per kg.

Baca juga: Wagub Ariza pastikan stok pangan Jakarta cukup menjelang Ramadhan
Baca juga: Wali Kota Jakarta Pusat cek kelayakan pangan pasar modern

 

Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar