Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menggelar vaksinasi COVID-19 massal bagi para lanjut usia (lansia) di Kampung Tangguh Jaya dan 10 mal yang berada di wilayah hukumnya pada Sabtu besok.

"Sabtu besok Polda Metro Jaya akan melaksanakan kegiatan vaksinasi massal berbasis Kampung Tangguh Jaya dan juga drive thru di mall-mall, total semua ada 50 KTJ, kemudian ada 10 mall yang nanti kita siapkan, setiap tempat itu 100 (vaksin)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jumat.

Adapun alasan pemilihan kegiatan vaksinasi massal bagi lansia di mal untuk memecah potensi kerumunan agar tidak menumpuk pada satu titik.

Yusri mengatakan Polda Metro fokus kegiatan vaksinasi massal tersebut bagi para lansia guna membantu percepatan program vaksinasi bagi para lansia.

"Yang jadikan target terutama lansia, karena ternyata lansia se-Indonesia dari 21 juta lansia yang ada di Indonesia ini baru 7,79 persen yang bisa divaksinasi. Nah ini kita utamakan," tambahnya.

Dia juga menambahkan kegiatan vaksinasi massal tersebut akan dilaksanakan selama enam bulan ke depan.

"Ini akan kita laksanakan kegiatan selama enam bulan, ini upaya untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi dengan target kan sudah ditentukan pemerintah, satu hari satu juta, jadi ini yang akan kita kejar terus," ujar Yusri.

Lebih lanjut Yusri mengatakan setelah para lansia, sasaran vaksinasi selanjutnya adalah mereka yang bekerja atau berprofesi di bidang pelayanan publik.

"Siapa pelayanan publik misalnya ojek online, kemudian orang-orang toko yang skala prioritas pemerintah ya, yang sampai sekarang ini belum bisa, masih sangat kurang," pungkas Yusri.

Baca juga: Riza: Jakarta berada di jalur cepat vaksinasi COVID-19
Baca juga: Vaksinasi untuk pekerja hotel dan restoran masih jauh dari harapan
Baca juga: Dinkes: 52 persen lansia di Jakarta sudah terima vaksin

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021