Dortmund amankan tiga poin penuh dari markas Stuttgart

id liga jerman,dortmund,stuttgart,ansgar knauff,marco reus,jude bellingham,sasa kalajdzic,daniel didavi

Dortmund amankan tiga poin penuh dari markas Stuttgart

Talenta muda Borussia Dortmund Ansgar Knauff merayakan golnya ke gawang VfB Stuttgart dalam lanjutan Liga Jerman di Stadion Mercedes-Benz Arena, Stuttgart, Jerman, Sabtu (10/4/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund mengamankan tiga poin penuh dari markas VfB Stuttgart seusai mengalahkan tuan rumah dengan skor 3-2 dalam laga pekan ke-28 Liga Jerman di Stadion Mercedes-Benz Arena, Stuttgart, Jerman, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Jude Bellingham, Marco Reus dan Ansgar Knauff mencetak gol-gol kemenangan Dortmund, membalas gol-gol yang dilesakkan Sasa Kalajdzic dan Daniel Didavi ke gawang Dortmund.

Kemenangan itu memelihara asa Dortmund dalam persaingan memperebutkan tiket Liga Champions, kendati mereka saat ini masih tertahan di posisi kelima dengan koleksi 46 poin, tertinggal tujuh poin dari empat besar klasemen.

Sedangkan Stuttgart (39) yang baru saja disalip oleh Borussia Moenchengladbach (40) dari urutan kedelapan, tak beranjak di urutan kesembilan, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Baca juga: Asa empat besar Dortmund memudar seusai dipecundangi Frankfurt

Kendati tampil menekan sejak awal laga dan mengancam lebih dulu melalui tembakan Giovanni Reyna yang bisa diamankan kiper Gregol Kobel, gawang Dortmund justru dibobol oleh Stuttgart melalui sundulan Kalajdzic menyambut umpan silang Borna Sosa pada menit ke-17.

Upaya Dortmund membalas tak kunjung membuahkan hasil hingga turun minum, termasuk ketika umpan Hummels berusaha diselesaikan oleh Reus dari tengah kotak penalti dan bola bisa diamankan oleh Kobel sebelum melesak ke pojok kiri bawah gawang.

Dortmund baru memetik buah kerja keras mereka dua menit selepas sepak lanjut babak kedua ketika Bellingham menyelesaikan umpan Reyna untuk memperdaya Kobel dan membuat kedudukan imbang 1-1.

Lantas pada menit ke-52, Reus membawa Dortmund berbalik memimpin saat ia dengan dingin meneruskan umpan Mateu Morey ke pojok kanan bawah gawang tuan rumah.

Upaya Dortmund memperlebar keunggulan terus menerus gagal dan Stuttgart malahan berhasil membuat kedudukan kembali imbang pada menit ke-78 saat serangan balik mereka diakhiri tembakan akuran Didavi dari sisi kiri kotak penalti.

Baca juga: Golnya dianulir, Bellingham akui frustrasi dengan keputusan wasit

Namun, Dortmund mampu memberi balasan instan dua menit berselang saat talenta muda Knauff mencetak gol pertamanya di Liga Jerman dengan memanfaatkan umpan Erling Haaland dan merestorasi keunggulan tim tamu.

Pertandingan tetap berlangsung terbuka pada menit-menit akhir dan Erik Thommy membuang peluang menyamakan kedudukan saat sundulannya melenceng dari sasaran, sebaliknya tembakan jarak jauh Mahmoud Dahoud masih bisa diamankan oleh Kobel sehingga skor 3-2 bagi Dortmund bertahan hingga peluit bubaran.

Sttutgart akan main lebih awal untuk lanjutan Liga Jerman dalam lawatan ke markas Union Berlin pada Sabtu (17/4) pekan depan, sehari sebelum Dortmund menjamu Bremen di Signal Iduna Park.

Sebelum itu, Dortmund akan lebih dulu tampil di leg kedua perempat final Liga Champions melawan Manchester City pada Rabu (14/4).

Baca juga: Frankfurt tundukkan Wolfsburg, Gladbach diimbangi Hertha Berlin
Baca juga: Leipzig pangkas jarak dari puncak seusai gebuk Bremen 4-1
Baca juga: Bayern melempem saat diimbangi Union Berlin

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar