Jumlah tersebut meningkat dibandingkan 14 April 2021 yang sebanyak 294 kasus positif
Baturaja (ANTARA) - Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Rozali menyebutkan sejak awal Ramadhan 1442 H terjadi penambahan lima kasus positif terinfeksi virus corona sehingga totalnya saat ini mencapai 299 kasus.

"Jumlah tersebut meningkat dibandingkan 14 April 2021 yang sebanyak 294 kasus positif," kata Rozali di Baturaja, Sabtu.

Berdasarkan data hingga 16 April 2021 jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten OKU mencapai 299 kasus dengan angka kesembuhan 233 orang dan meninggal dunia 28 orang.

Baca juga: Dinas Kesehatan OKU vaksinasi COVID-19 ratusan calon jamaah haji

Sedangkan, untuk pasien yang masih di rawat di rumah sakit setempat saat ini masih sebanyak 17 orang dan menjalani isolasi mandiri 21 orang.

Menurut dia, penambahan kasus positif ini disebabkan beberapa faktor, salah satunya masyarakat masih banyak yang mengabaikan protokol kesehatan 3 M yaitu tidak memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Contohnya di pasar-pasar selama bulan suci Ramadhan ini sangat ramai pembeli dan masih banyak warga yang tidak memakai masker dan menjaga jarak," katanya.

Baca juga: Gubernur Sumsel lepas jenazah bupati OKU dengan protokol COVID-19

Baca juga: Jumlah pasien positif COVID-19 di OKU Selatan bertambah lima orang


Terkait hal tersebut, Tim Satgas COVID-19 akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melaksanakan razia penegakan prokes di tempat keramaian guna memutus rantai penyebaran virus corona.

"Untuk rumah ibadah sudah kami sterilisasi dengan disemprot cairan disinfektan agar para jamaah aman dari penyebaran virus corona saat melaksanakan ibadah di masjid ataupun mushala selama Ramadhan," ujarnya.

Baca juga: Satgas COVID-19 OKU gencar gelar razia protokol kesehatan

Baca juga: Pemprov Sumsel setop distribusi vaksin COVID-19 ke empat daerah

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021