Jakarta (ANTARA) - Facebook dikabarkan sedang menyiapkan sejumlah produk yang dinamai "Audio Sosial", mirip layanan streaming yang ditawarkan aplikasi Clubhouse.

Laman Vox, dikutip Senin, menuliskan Audio Sosial akan diturunkan ke dalam beberapa produk berbasis audio, yang sedang populer antara lain berkat podcast di Spotify dan Clubhouse.

Baca juga: Malware menyamar jadi aplikasi Clubhouse palsu

Rencana Facebook untuk platform audio termasuk membuat produk seperti Clubhouse, pengguna akan bisa berinteraksi dengan pembicara di panggung virtual.

Facebook juga akan mengoptimalkan layanan konferensi video Room yang diluncurkan tahun lalu.

Sementara untuk media sosial, pengguna akan bisa mengunggah status Facebook berupa audio, selain teks, gambar dan video.

Facebook juga akan membuat produk untuk mencari podcast, yang disambungkan ke Spotify.

Belum jelas kapan Facebook akan meluncurkan rangkaian produk baru berbasis audio tersebut. Laman Apple Insider menuliskan rencana produk audio ini keluar setelah CEO Facebook, Mark Zuckerberg beberapa kali menggunakan layanan streaming audio.

Facebook disebut juga menggunakan kesempatan eksklusivitas Clubhouse, yang saat ini hanya tersedia di perangkat iOS dan memerlukan undangan dari pengguna yang sudah bergabung dengan Clubhouse.

Sementara itu, berkaitan dengan koneksi ke Spotify, Facebook juga melihat ada peluang karena Apple kemungkinan besar tidak akan melakukan hal tersebut karena Spotify merupakan kompetitor di layanan streaming musik.

Baca juga: Pengawas Facebook akan tentukan nasib blokir akun Donald Trump

Baca juga: Facebook tandatangani kesepakatan membeli energi terbarukan di India

Baca juga: Clubhouse raih suntikan dana, valuasi mencapai miliaran dolar

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021