Lubukbasung (ANTARA) - Warga Embun Pagi, Padang Galangang, Nagari Matua Mudiak, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat berharap pemerintah daerah setempat mendukung pembangunan masjid guna mewujudkan wisata dakwah di daerah itu.

"Matua Mudiak merupakan daerah wisata yang ramai dikunjungi wisatawan dan keberadaan masjid salah satu mendukung wisata dakwah itu," kata Pengurus Nasjid Syuhada Embun Pagi, Muhammad Sukur, di hadapan Tim Khusus Ramadhan yang dipimpin Wakil Bupati Agam Irwan Fikri di Lubukbasung, Senin (19/4) malam.

Ia mengatakan Masjid Syuhada masih dalam proses pembangunan pada bagian lantai dua dan pengembangan pada sisi kanan masjid.

Untuk biaya, tambahnya, pengurus membutuhkan anggaran sekitar puluhan juta rupiah.

"Dana itu belum termasuk untuk kebutuhan di dalam masjid," katanya.

Baca juga: Pemkab Agam Safari Ramadhan ke 40 masjid terapkan prokes

Ia mengakui Jorong Padang Galangang hanya memiliki dua masjid dan Masjid Syuhada yang dibangun pada 1998. Masjid itu selesai dan dipakai untuk pelaksanaan ibadah lima waktu pada 2021.

"Masjid ini dibangun setelah penduduk di Padang Galangang sudah banyak, agar pelaksanaan ibadah berjalan dengan baik untuk dunia dan akhirat," katanya.

Wakil Bupati Agam Irwan Fikri menambahkan Safari Ramadhan menjalin silaturahim antara Pemkab Agam dengan masyarakat. Saat kunjungan itu, Pemkab Agam menyalurkan bantuan Rp10 juta untuk pembangunan masjid.

"Mudah-mudahan bantuan dana yang disalurkan itu bermanfaat bagi pembangunan masjid," katanya.

Ia berharap, jamaah masjid selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 selama menunaikan ibadah agar tidak terjadi penularan virus corona jenis baru itu.

Tim Safari Ramadhan itu, antara lain Sekda Agam Martias Wanto, Pelaksana Tugas Kepala Bappeda Agam Villa Ardi, Kadis Pertanian Agam Arief Restu, Pelaksana Tugas Kadis Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Agam Rudi Herison, Pelaksana Tugas Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam Edi Natrial, Kadis Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam Syatria, Kadis Perumahan dan Pemukiman Agam Rahmat Lasmono, Kasubag Agama Kesra Yosman.

Baca juga: Terapkan prokes, Pemkab Belitung gelar Safari Ramadhan
Baca juga: Ramadhan saat pandemi, umat Islam Kapuas Hulu-Kalbar diajak bersedekah

Pewarta: Altas Maulana
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021