Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Google Indonesia dan IEEE mengadakan pelatihan wirausaha untuk perempuan, bagian dari program mencetak wirausaha digital di Indonesia.

"Kami berharap pelatihan ini bisa mendorong perempuan menambah wawasan dan kompetensi di bidang kewirausahaan digital. Sekaligus menjadi bagian kerja bersama semua pihak baik dari pemerintah, komunitas akademisi, global tech, dan pihak lain yang menyadari pentingnya peningkatan SDM perempuan Indonesia di era digital," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo, Hary Budiarto, dalam keterangan pers, dikutip Rabu.

Seminar dan pelatihan Women in Digital Entrepreneurhsip merupakan bagian dari kelas Digital Entrepreneurship Academy di program Digital Talent Scholarship 2021, yang menargetkan 22.000 wirausaha digital di era Revolusi Industri 4.0.

MPelatihan ini juga bertujuan mendukung transformasi digital, yang dipandang akan berhasil jika menerapkan prinsip inklusivitas, termasuk mengangkat peran perempuan Indonesia sebagai bagian aktif dalam aspek kebijakan, bisnis, teknologi dan aktivitas pemberdayaan.

Baca juga: Kominfo: Harsiarnas ke-88 momentum migrasi ke TV digital

Baca juga: Kominfo uji coba SMS dan siaran kebencanaan


Transformasi digital menurut Hary bisa dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat serta kalangan akademisi, bisnis, komunitas dan pemerintahan.

"Targetnya bisa mempercepat terwujudnya tata kemasyarakatan baru dengan tatanan sosial, ekonomi, dan bisnis yang lebih baik, yang didukung oleh teknologi dan budaya digital," kata Hary.

Women in Digital Entrepreneurhsip menjadi agenda dalam peringatan Hari Kartini dan Girls in ICT Day 2021 World Wide Events.

Acara tersebut akan berlangsung selama dua hari, pada 21-22 April secara daring. Women in Digital Entrepreneurhsip akan menghadirkan berbagai pembicara perempuan yang berkecimpung di dunia teknologi digital.

Materi yang akan dibahas pada pelatihan ini termasuk keamanan dalam transaksi elektronik, kepercayaan diri perempuan dalam berwirausaha dan mengatasi tantangan dalam dunia wirausaha.

Pelatihan ini diharapkan memberikan inspirasi bagi perempuan untuk berwirausaha sekaligus membuka lapangan pekerjaan baru.

Baca juga: Kominfo ajak perempuan kembangkan inovasi digital

Baca juga: Empat sektor prioritas wajib dikuatkan dorong digitalisasi nasional

Baca juga: Menkominfo: Kemajuan teknologi beriringan dengan literasi digital

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021