Mudah-mudahan pemerintah bisa mendorong vaksinasi tidak hanya di Pasar Tanah Abang, tapi semua pasar yang ada
Jakarta (ANTARA) - Kalangan dunia usaha menyebutkan program vaksinasi COVID-19 yang digelar pemerintah berdampak positif pada pemulihan transaksi saat Ramadhan 1442 Hijriah/2021 Masehi.

"Di Pasar Tanah Abang yang saat ini sudah selesai vaksinasi kedua, telah mampu memberikan efek psikologis seperti adanya keramaian yang memang tetap saya minta pengunjung agar memperhatikan protokol kesehatan," kata Direktur Utama PD Pasar Jaya  Arief Nasrudin dalam acara Dialog Publik yang diselenggarakan KPCPEN dan ditayangkan di kanal FMB9ID_IKP, Rabu.

Arief mengatakan indikator meningkatnya transaksi mulai terlihat di sejumlah pasar di Jakarta pada Ramadhan.

Pedagang pasar di Pasar Tanah Abang yang sudah divaksinasi hingga sekarang sudah mencapai lebih dari 30 ribu orang.

Baca juga: Airlangga sebut 17 juta dosis vaksin COVID-19 telah disuntikkan

Arief mengatakan jumlah tersebut menjadi prestasi tersendiri mengingat perkiraan peserta vaksinasi awalnya hanya 15 ribu pedagang.

"Saat ini, kita sudah melakukan vaksinasi di tiga unit pasar besar di DKI Jakarta yakni Pasar Tanah Abang, Pasar Induk Kramat Jati, lalu Pasar Kebayoran Lama. Tahap berikutnya di Pasar Majestik," kata Arief.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ferry Julianto mengapresiasi inisiatif pemerintah melakukan vaksinasi kepada pedagang pasar.

"Pedagang pasar perlu untuk divaksinasi karena mereka yang sering berinteraksi dengan masyarakat. Mudah-mudahan pemerintah bisa mendorong vaksinasi tidak hanya di Pasar Tanah Abang, tapi semua pasar yang ada," katanya.

Pernyataan serupa disampaikan Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) M Ikhsan.

"Seiring dengan program vaksinasi ada kepercayaan diri masyarakat untuk bisa keluar rumah sehingga terjadi konsumsi. Keberhasilan pemerintah dalam program vaksinasi untuk menangani COVID-19, berarti juga keberhasilan pemerintah dalam memulihkan ekonomi," katanya.

Ikhsan menambahkan program vaksinasi yang membawa harapan bagi masyarakat, dunia usaha, dan UMKM bahwa pandemi COVID-19 dapat segera dikendalikan.

Kondisi ini bisa menimbulkan rasa aman dari para pelaku usaha dan konsumen dalam melakukan transaksi.

Ikhsan berharap momentum ini hendaknya menjadi dorongan kuat untuk memulihkan kembali kehidupan masyarakat.

Baca juga: Kapolri sebut TNI-Polri dorong vaksinasi massal untuk pemulihan Bali
Baca juga: 11.269.213 penduduk Indonesia telah jalani vaksinasi COVID-19

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021