Kasus aktif positif COVID-19 saat ini mencapai 174 orang yang saat menjalani isolasi untuk proses pemulihan kesehatan
Belitung, Babel (ANTARA) - Dinas Kesehatan  Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan kasus aktif positif COVID-19 di daerah itu saat ini  tersisa sebanyak 174 orang dari total sebanyak 1.800 kasus positif COVID-19 di daerah itu sejak Maret 2020.

"Kasus aktif positif COVID-19 saat ini mencapai 174 orang yang saat menjalani isolasi untuk proses pemulihan kesehatan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Belitung, Joko Sarjono di Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, total kasus positif COVID-19 di Kabupaten Belitung sejak Maret 2020 mencapai 1.800 kasus, pasien sembuh 1.591 orang dan meninggal dunia sebanyak 35 orang.

Dari 174 orang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut, lanjut Joko, 23 orang diantaranya menjalani perawatan di RSUD Marsidi Judono, 20 orang menjalani isolasi di pusat karantina COVID-19 SKB Tanjung Pandan dan 131 orang menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan Dinas Kesehatan setempat.

"Hari ini ada pasien yang sembuh sebanyak 14 orang dan terkonfirmasi positif hari ini sebanyak sembilan orang," ujarnya.

Joko berharap masyarakat tidak kendur dalam menjalankam protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19 seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan (3M)

Kendati sudah ada vaksin COVID-19, katanya, masyarakat diminta tetap menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin.

"Vaksinasi dan protokol kesehatan kunci mengakhiri pandemi dan memulihkan kesehatan dan perekonomian," demikian .Joko Sarjono.

Baca juga: Terapkan prokes, Pemkab Belitung gelar Safari Ramadhan

Baca juga: Pemprov Babel terapkan PPKM mikro di Pulau Sadai

Baca juga: Rumah sakit khusus COVID-19 di Bangka Belitung diresmikan

Pewarta: Kasmono
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021