UI terbaik pertama di Asia Tenggara versi THE World University

id ui terbaik,ui depok,THE,peringkat ui,aa

UI terbaik pertama di Asia Tenggara versi THE World University

Gedung Rektorat Universitas Indonesia. ANTARA/Feru Lantara/aa.

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menempati posisi sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan Asia Tenggara berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Times Higher Education (THE) World University Impact Rankings 2021, berdasar penilaian atas aspek Partnerships For The Goals (Kemitraan) UI.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dalam keterangannya di Depok, Senin, mengatakan capaian ini menunjukkan bahwa UI semakin dikenal masyarakat global dan tetap menjadi yang terbaik di Indonesia.

Tercatat, per Januari 2021, UI telah menjalin kerja sama dengan 49 negara, dengan rincian 383 universitas/institusi partner; dan sebanyak 300 MoU naskah aktif.

Baca juga: UI terbaik di Indonesia versi Scimago Intitution rangking

THE mengukur kinerja UI sebagai perguruan tinggi yang berdampak pada sejumlah tujuan pembangunan berkelanjutan, dengan nilai terbaik di Indonesia ditinjau dari skor pada SDG 17 - Partnerships For The Goals (Kemitraan) dengan empat indikator penilaian, yakni Research on SDG 17, Relationships to support the goals, Publication of SDG reports, dan Education for the SDGs.

Pada level dunia, untuk aspek tersebut UI berada di peringkat 22 dari 1.154 universitas, dengan skor keseluruhan 94.0 dari 100. Pemeringkatan ini melibatkan 94 negara di dunia.

"Skor tertinggi UI itu diperoleh pada bidang yang mampu memberikan dampak luas bagi sosial dan ekonomi bangsa berdasarkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) melalui aktivitas Penelitian, Pengajaran, dan Pengabdian Masyarakat," jelasnya.

THE mengeluarkan hasil yang menunjukkan UI memiliki keunggulan pada SDG 1, SDG 5, SDG 7, SDG 10, dan SDG 12. Pada SDG 1 - No Poverty, UI menempati peringkat 4 di Indonesia, peringkat 6 di Asia Tenggara. Pada SDG 5 - Gender Equality, posisi UI berada di urutan ke-2 di Indonesia dan peringkat 6 di Asia Tenggara.

Baca juga: Pekan Komunikasi UI bahas optimalisasi penggunaan teknologiBaca juga: UI peringkat pertama Scimago by Subject Areas Kedokteran Gigi

Pada SDG 7 - Affordable and Clean Energy, UI di peringkat 2 untuk Indonesia dan posisi ke-3 di Asia Tenggara (peringkat 16 di dunia). Pada SDG 10 – Reduced Inequalities, UI menempati peringkat 2 di Indonesia, peringkat 5 di Asia Tenggara. Pada SDG 12 - Responsible Consumption And Production, UI berada di peringkat 2 di Indonesia dan peringkat 4 di Asia Tenggara.

Di masa pandemi COVID-19, UI tetap berkomitmen dan berkontribusi bagi bangsa dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 melalui aktivitas inovasi, riset, dan pengabdian masyarakat. Kontribusi para tenaga pengajar, peneliti, tenaga kependidikan, dan mahasiswa serta berkolaborasi dengan industri, pemerintah, dan masyarakat mampu membuat UI semakin melesat dan berdampak bagi negeri.”

Baca juga: UI-Kemenag tandatangani nota kesepahaman bersama

Jika ditinjau secara keseluruhan dari pemeringkatan yang dikeluarkan THE Impact Rankings tersebut, UI memperoleh peringkat ke-4 dari 18 perguruan tinggi di Indonesia, peringkat 7 di Asia Tenggara, dan peringkat ke-85 di dunia, dengan skor keseluruhan 87.0.

Adapun indikator yang digunakan dalam memberikan perbandingan yang komprehensif dan seimbang di empat bidang, yakni penelitian, penatalayanan (stewardship), penjangkauan (outreach), dan pengajaran.

Pemeringkatan ini juga memberikan gambaran bahwa sebuah perguruan tinggi mampu mendukung pemerintah di dalam pemenuhan SDGs PBB sehingga dapat mendorong semangat para sivitas akademika UI untuk semakin gencar berinovasi dan berkarya di dunia akademik.

Baca juga: Fadjroel Rachman raih gelar Doktor Ilmu Komunikasi UI

Pewarta : Feru Lantara
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar