Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyebutkan hadirnya turnamen olahraga game atau esports yang dikhususkan bagi peserta wanita dapat mendorong inklusi dan memberikan kemudahan perkembangan ekosistem esports di Indonesia yang saat ini dianggap masih didominasi oleh pria.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Jendral Aplikasi dan Informatika (Aptika) dari Ditjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam pembukaan ajang turnamen esport “Dignity of Srikandi Kartini Edition” yang diselenggarakan oleh Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) dan merupakan pertandingan khusus peserta wanita untuk memainkan gim “Mobile Legends” untuk merayakan Hari Kartini 2021.

“Bertepatan dengan perayaan Hari Kartini, kegiatan ini menjadi momentum untuk memperkuat talenta perempuan- perempuan agar mau bergabung ke dalam ekosistem esport Indonesia sehingga eksositem esport Indonesia menjadi lebih inklusif,” kata Semuel dalam kata sambutannya di pembukaan Dignity of Srikandi Kartini Edition” yang juga melibatkan Dyandra Promosindo, Selasa.

Selain mendorong inklusi ekosistem, kehadiran turnamen khusus talenta esport wanita itu pun sejalan dengan misi kesetaraan gender yang diusung Presiden Joko Widodo dalam kepemimpinan periode keduanya.

Diharapkan ke depannya semakin banyak turnamen yang menggaet para talenta esport wanita di Indonesia untuk mewujudkan kesetaraan dalam iklim olahraga gim itu.

“Kita harap ke depannya hal serupa dapat membentuk eksositem esport Indonesia dan mendukung semakin banyaknya atlet esport di Indonesia sehingga dapat berkompetisi lebih banyak di ajang gaming internasional,” ujar Semuel.

Dalam kurun waktu hampir lima tahun terakhir, olahraga berbasis game atau dikenal dengan sebutan esport berkembang dengan pesat di Indonesia.

Kehadiran turnamen esport di dalam Asian Games di Indonesia pada 2018 seakan menjadi momentum semakin berkembangnya olahraga gim tersebut.

Meski demikian, melihat masih terjadinya kesenjangan antara pemain esport pria dan wanita, maka “Dignity of Srikandi” yang digagas oleh Dyandra Promosindo pun hadir untuk memberikan ruang lebih bagi para atlet esport wanita di Indonesia.

Bertepatan dengan Hari Kartini 2021, “Dignity of Srikandi” pun kembali hadir diselenggarakan oleh ASENSI dan tetap bersama Dyandra Promosindo menghadirkan turnamen khusus atlet wanita untuk berkompetisi memainkan game mobile yaitu “Mobile Legend”.

Ada empat tim yang diundang untuk terlibat dalam turnamen Kartini Edition itu di antaranya tim Evos Lynx, Belleton Era, Alter Ego NYX, dan juga grup UNKNOWN.

Turnamen itu dapat disaksikan langsung pada tanggal 27-28 April 2021 melalui siaran langsung akun YouTube Dignity Project Esports dan ASENSI.


Baca juga: Kolaborasi dengan artis Mesir, Free Fire rilis karakter baru "Maro"

Baca juga: Call of Duty: Warzone lampaui 100 juta pemain

Baca juga: UniPin, Riot Games SEA gelar pertandingan amal peringati Hari Kartini


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021