Jakarta (ANTARA) - Toyota, Daihatsu, dan Astra Internasional Tbk kembali berkolaborasi dengan mengumumkan kehadiran kendaraan roda empat di segmen compact SUV yakni Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Perkenalan produk terbaru Toyota dan Daihatsu tersebut dikemas dalam acara bertajuk “Sinergi untuk Negeri” yang digelar secara virtual, Rabu.

Baca juga: Daihatsu Rocky berstatus lima bintang JNCAP

"Hari ini kami sangat bersemangat untuk memperkenalkan produk terbaru kami yang merupakan hasil dari kolaborasi kami, Toyota Raize," ujar Chief Executive Officer of Toyota Motor Corporation Asia Region Yoichi Miyazaki Yoichi.

Pihaknya percaya desain yang sporty dan stylish dari Toyota Raize akan menjadi pilihan yang tepat untuk pelanggan Indonesia di segmen yang sedang berkembang yaitu SUV.

Toyota Raize hadir di Indonesia melalui Toyota Astra Motor dan diler Toyota. Sebagai bagian penting dari strategi Global Toyota Group, kata dia, Toyota Raize juga akan diekspor hampir ke 50 negara di seluruh dunia

"Sejalan dengan semangat dari perayaan hari ulang tahun Toyota ke-50 di Indonesia, mari kita melanjutkan perjalanan untuk menciptakan kebahagiaan seiring dengan kami mewujudkan mobilitas untuk semua," ucap Yoichi.

Baca juga: Kapan Taft Reborn dan Rocky masuk ke Indonesia? Ini kata Daihatsu

President of Daihatsu Motor Company Soichiro Okudaira mengatakan Daihatsu Rocky adalah compact SUV dengan konsep desain terkini, termasuk struktur rangka dasar dan sistem penggerak mesin yang menghasilkan kelegaan dalam bodi mobil yang compact.

Dia mengatakan Daihatsu Rocky akan diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor dan akan tersedia di outlet Daihatsu mulai tanggal 30 April 2021.

"Ini adalah komitmen kami untuk membuat Daihatsu menjadi brand yang paling dekat dengan pelanggan Indonesia, sesuai dengan tagline Global kami "Light You Up" atau "Daihatsu sahabatku" di Indonesia," kata Soichiro

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan apresiasi kepada Daihatsu, Toyota, serta Astra atas komitmen mereka menjadikan Indonesia sebagai basis produksi kendaraan bermotor.

Agus menilai peluncuran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky merupakan bukti kuat komitmen untuk terus melakukan inovasi, investasi berkelanjutan, penyerapan tenaga kerja, serta kerja sama dengan mitra supplier lokal dalam rangka memperkuat struktur industri otomotif nasional.

Hadirnya Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, kata dia, akan memperkuat posisi Indonesia sebagai basis produksi kendaraan Daihatsu dan Toyota, sehingga akan memperbesar peluang ekspor, terutama ke negara-negara yang telah memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan Indonesia.

Selain itu, hadirnya dua produk baru tersebut juga akan melibatkan lebih banyak SDM industri dan pemasok lokal, termasuk sektor industri kecil dan menengah dalam rantai nilai operasi bisnis Daihatsu dan Toyota di Indonesia.

"Kami berharap hal ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis Daihatsu dan Toyota di Indonesia ke depan sekaligus akan mendukung perekonomian nasional Indonesia secara keseluruhan," kata Menteri Agus.

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Djony Bunarto Tjondro mengaku bangga lantaran telah menjadi bagian dalam mengembangkan produk Toyota dan Daihatsu di Indonesia.

Dia mengatakan kehadiran dua produk baru ini dapat menjadi menambah pilihan bagi masyarakat Indonesia di segmen compact SUV.

Kami berharap produk ini memberikan semakin banyak pilihan bagi masyarakat Indonesia sebagai solusi mobilitas berkualitas yang merupakan semangat bersama Astra Toyota dan Daihatsu," kata Djony.


Baca juga: Toyota Alphard, Vellfire, RAV4, dan Raize dapat bintang lima uji JNCAP

Baca juga: Toyota Raize, harga dan spesifikasi

Baca juga: Toyota Raize 2020 akan debut pekan depan di Jepang
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021