Painan, (ANTARA) - Empat warga di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, meninggal dunia dalam sepekan terakhir akibat terpapar COVID-19, kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 setempat, Rinaldi, Ahad.

"Empat orang yang meninggal dalam sepekan belum pernah terjadi, kendati sudah 46 orang yang meninggal dunia akibat COVID-19 di Pesisir Selatan," kata Rinaldi di Painan, Ahad.

Ia menjelaskan satu dari empat orang yang meninggal dunia ialah perempuan berumur 51 tahun yang beralamat di Kampung Air Terjun Lansano, Kecamatan Sutera.

Wanita itu tercatat positif pada tanggal 26 April 2021, dan meninggal pada 28 April 2021 di RSUD Dr M Zein Painan.

Baca juga: Pernah positif, Bupati Pesisir Selatan batal divaksin COVID-19

Baca juga: Tujuh pasien COVID-19 di Pesisir Selatan sembuh


Selanjutnya, laki-laki berumur 65 tahun, ia beralamat di Kudo Kudo Inderapura, Kecamatan Pancung Soal, yang bersangkutan tercatat positif pada tanggal 25 April 2021 dan meninggal dunia pada tanggal 30 April 2021 di Rumah Sakit Universitas Andalas.

Seterusnya, laki laki berumur 61 tahun, ia beralamat Jalan Ilyas Yakub Painan, yang bersangkutan tercatat positif pada tanggal 29 April 2021 dan meninggal dunia pada tanggal 30 April 202I di RSUD Dr M Zein Painan.

Berikutnya juga laki-laki berumur 68 tahun, ia beralamat Jalan Mandala Painan, yang bersangkutan tercatat dirawat sejak 29 April 2021 di RSUD Dr M Zein Painan, dan tercatat positif pada tanggal 1 Mei 2021 dengan gejala sesak napas, batuk, serta demam, ia meninggal dunia pada tanggal 2 Mei 2021.

Ia menambahkan, per hari ini terdapat penambahan sebanyak sembilan warga yang terpapar COVID-19 di daerah setempat, sehingga jumlah keseluruhan yang terpapar berjumlah 1.530 orang.

Dari sembilan warga yang terpapar, lima berjenis kelamin perempuan, serta empat berjenis kelamin laki-laki, dan semuanya saat ini menjalani isolasi mandiri.

Dari 1.530 orang yang terpapar, 1.393 sembuh, 91 orang menjalani perawatan dan isolasi di sejumlah rumah sakit, serta isolasi mandiri.

"Kami dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19 dan pihak terkait terus memperkuat sosialisasi pencegahan dengan mengimbau agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan dengan maksimal, serta melaksanakan operasi penertiban secara berkelanjutan," kata dia.*

Baca juga: Perajin Pesisir Selatan ini jadikan gambar COVID sebagai motif batik

Baca juga: Total sudah 529 pasien COVID-19 di Pesisir Selatan dinyatakan sembuh

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021