Angka PMI tersebut mencerminkan perbaikan nyata pada kondisi bisnis, seiring dengan lonjakan permintaan baru dan kembalinya bisnis baru dari luar negeri
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur global yang tercatat sebesar 55,8 dan Indonesia 54,6 pada April 2021 mencerminkan perbaikan nyata pada kondisi bisnis.

“Angka PMI tersebut mencerminkan perbaikan nyata pada kondisi bisnis, seiring dengan lonjakan permintaan baru dan kembalinya bisnis baru dari luar negeri,” kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Febrio Kacaribu di Jakarta, Selasa.

PMI Global meningkat didorong oleh pertumbuhan di sisi new orders, new export business, dan employment dengan Eropa dan AS yang mencatatkan kinerja manufaktur sangat kuat yang didorong pertumbuhan pesanan baru seiring kenaikan permintaan.

PMI manufaktur AS sebesar 60,5 mencatatkan angka tertinggi sejak Mei 2007 sedangkan manufaktur negara lain di benua Amerika seperti Kanada 57,2 dan Brazil 52,3 masih berada dalam tren ekspansif, meski turun dibandingkan bulan sebelumnya.

Untuk China 51,9, Jepang 53,6, dan India 55,5 juga berhasil mempertahankan tren positif didukung pertumbuhan pada tingkat permintaan.

Baca juga: PMI manufaktur RI terus naik, Menperin: Pelaku industri mulai bangkit

Dari sisi regional, ASEAN menunjukkan performa manufaktur yang bervariasi yaitu Indonesia dan Malaysia 53,9 berada pada zona ekspansif, tetapi Filipina 49,0 kembali ke zona kontraksi akibat eskalasi COVID-19 yang memicu pengetatan restriksi.

Secara global, efek gangguan supply chain masih dirasakan yaitu tekanan inflasi atas bahan baku masih tinggi dan menambah beban biaya produksi.

“Namun tingginya optimisme bisnis di tengah percepatan vaksinasi diharapkan mempercepat pengendalian pandemi serta mendongkrak pemulihan permintaan global,” katanya.

Sementara PMI Manufaktur Indonesia yang tercatat pada angka 54,6 pada April 2021 menunjukkan terjadinya ekspansi selama enam bulan berturut-turut yaitu adanya kenaikan output, permintaan baru, pembelian, serta permintaan ekspor yang kembali tumbuh.

Baca juga: PMI manufaktur naik, Presiden Jokowi: Jaga tren positif ekonomi RI

Menurut Febrio, dengan bisnis baru yang mengalami ekspansi tajam maka perusahaan manufaktur juga menaikkan volume produksi sehingga diharapkan dapat meningkatkan tenaga kerja baru secara umum.

Di sisi lain, volume produksi yang semakin tinggi menimbulkan permintaan input yang lebih tinggi maka dengan pasokan yang relatif terbatas akan menyebabkan peningkatan harga input yang berpengaruh pada harga jual kepada konsumen selama enam bulan terakhir.

Meski demikian Febrio mengatakan produsen di Indonesia masih sangat optimis produksi akan terus menguat didorong adanya harapan pandemi COVID-19 akan berakhir pada tahun mendatang.

“Pemerintah perlu menjaga momentum pemulihan dengan tetap menjaga daya beli masyarakat dan berkomitmen untuk melanjutkan dukungan terhadap pelaku usaha,” tegasnya.

Baca juga: Kemenkeu: PMI manufaktur tinggi tunjukkan optimisme pemulihan ekonomi

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021